Ternyata Menangis Punya Banyak Manfaat

Ternyata Menangis Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Sobat kuatbelajar, gimana rasanya kalau sedang menghadapi musibah yang memancing naluri sedih dalam batin. Apakah sobat bisa dengan mudah meneteskan air mata? Atau sobat tipe yang tidak bisa dengan mudah menangis walaupun sebenarnya pengen banget menangis?

Nah,, sobat kuatbelajar yang saya hormati.. cie iley jadi formal gini bahasanya. Ternyata menangis itu punya banyak manfaat bagi diri kita. Mungkin umumnya kita berfikir menangis itu adalah pertahanan terakhir yang menunjukkan kita tidak berdaya untuk melakukan apa-apa lagi ataupun menangis itu cemen. Hayoo siapa yang bilang menangis itu cemen? Padahal sebenarnya dengan menangis dapat memberikan dampak baik bagi kita. Nah dibawah ini ane suguhkan 5 manfaat menangis. Monggo dishare.


1. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses dimana tubuh mengeluarkan atau menetralkan racun. Dan ternyata air mata emosional berperan untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Karena air mata yang dikeluarkan karena suatu emosi atau perasaan ternyata lebih beracun dari air mata yang keluar karena iritasi.

Ketika kita mengeluarkan air mata karena disebabkan oleh suatu permasalahan, pada saat itu juga racun/toxic dari dalam tubuh ikut dikeluarkan beserta air mata. Dengan demikian secara tidak sadar pada saat menangis kita telah langsung membuat tubuh menjadi lebih steril dari racun tertentu.


2. Mencegah Pilek dan Flu

Nah lo, apa hubungannya nangis dengan pilek? Bukannya pada saat nangis kita justru menjadi pilek dan flu? Ternyata eh ternyata sobat semua yang bijaksana. Air mata itu mengandung zat Lisozom yang dapat membunuh 90% sampai 95% bakteri dengan waktu lima menit saja. Dengan begitu airmata menjadi sebagai antibakteri alami yang gratis, nah gimana, sudah mulai berfikir untuk menangis tersedu sedan saat ini juga?

3. Meningkatkan Penglihatan

Ini gampang buat masuk logika, karena dengan menangis otomatis bola mata menjadi basah. Nah pada saat itu, airmata berperan seperti pelumas yang dapat menjernihkan pandangan mata kita.

4. Mengurangi Stress

Orang yang menangis secara tidak langsung telah melampiaskan gusar hatinya. Dengan demikian stress yang diakibatkan suatu permasalahan tertentu menjadi relatif berkurang dengan demikian dapat membuat kita kembali berfikir lebih baik/jernih saat telah menangis.

Selepas mengangis biasanya kita merasa lebih lega dari sebelumnya. Boleh dibilang bahwa menangis adalah puncak emosi dari hati yang benar-benar sedih dan pilu. Apabila perasaan sudah lega tentulah dapat mengembalikan mood dan dengan demikian mampu menetralisir stress.


5. Mengembalikan Semangat

Hal ini juga berhubungan dengan nomer 4 diatas. Karena pada saat sedang bersedih, kita merasa tubuh menjadi lemas seakan tak berdaya. Nah, setelah mengeluarkan airmata yang seperti dijelaskan di keempat poin diatas. Biasanya barulah kita merasa tenaga seakan pulih kembali. Bahkan ada beberapa kasus dimana setelah menangis kita menjadi merasa lapar. Padahal sebelumnya kita sama sekali tidak lapar dan tidak berselera. Dengan menangis mampu mengembalikan cara kerja fikiran dan tubuh kita kembali agar lebih bersemangat.

Itulah 5 diantara manfaat menangis, tapi sobat mesti ingat untuk jangan sekali-kali merekayasa tangisan untuk tujuan yang tidak baik, karena itu berdosa. Hehe.


Kata Mutiara Terkait Sebuah Tangisan : “lelaki sejati tidak akan menangis menghadapi masalah apapun, karena tangisan lelaki sejati hanya akan dikeluarkan ketika bersujud dihadapan Yang Maha Esa.”