Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar (Islam)



Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar (Islam)

Sobat kuatbelajar.top semuanya yang semakin top dan ngetop, ternyata ada satu hal penting yang saya lewatkan selama ini dalam proses belajar kita semua supaya lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Yaitu do’a.. kali ini saya akan memberikan do’a sebelum dan sesudah belajar yang lazim dilafadzkan para akademia muslim. Semoga dengan membaca doa ini sebelum dan sesudah belajar membuat kita menjadi lebih dapat memahami makna ilmu pengetahuan yang sebenarnya yaitu untuk kenyamanan dalam hidup didunia dan berbahagia selama-lamanya dialam akhirat kelak.

Inilah doa sebelum dan sesudah belajar versi Islam

Do’a Sebelum Belajar


 “Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulta, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa”

Yang artinnya : “kami ridho ALLAH sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya ALLAH tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik

Doa ini sangat baik sekali dibaca sebelum mulai proses belajar. Karena sebagai manusia kita harus menyadari posisi kita sebagai seorang khalifah yang mempelajari segala kekuasaan ALLAH sang pencipta, bukan untuk mengokohkan diri sebagai seorang yang hebat namun hanya berusaha agar dapat hidups sebagai seorang yang berilmu.

Do’a Sesudah Belajar


“Allahumma innii istaudi’uka maa allamtahiihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi ya robbal ‘aalamiin”.

Artinya : “ ya ALLAH, sesungguhnya aku titipkan kepadamu apa yang telah kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah KAU buatkan aku lupa kepadanya wahai Tuhan yang memelihara alam

Do’a sesudah belajar ini juga memberikan kita ketenangan sesudah mempelajari apa yang kita perlukan. Ibarat kata pepatah “jangan menjadi lalang yang congkak berdiri namun tak ada isi, tapi jadilah seperti padi semakin berisi semakin merunduk”.


Bagaimanapun kita sebagai orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan yang murni. Kita harus terus mengingat niat awal kita belajar, yaitu agar lebih memahami ilmu pengetahuan yang mana ilmu tersebut berguna agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada ALLAH, sebab semakin hebat ilmu pengetahuan seseorang maka semakin sadarlah ia bahwa alam semesta ini sangat luas dan terdapat banyak keajaiban dan misteri yang masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah dimana itu semua membuktikan adanya kekuatan maha dahsyat yang mengatur alam raya ini dan dengan iman ke Islaman tentulah bagi kita ALLAH yang maha Besar yang mengatur segalanya termasuk ilmu yang kita resapi sedikit demi sedikit.