Berharap Kejayaan Timnas Pada SEA Games 2017

Berharap Kejayaan Timnas Pada SEA Games 2017

Sea games 2017 Malaysia akan diselenggarakan pada bulan Agustus tahun ini. Bulan Agustus menjadi bulan sakral bagi tiga negara serumpun yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura yang masing-masing merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 (Indonesia), 31 Agustus (Malaysia), 8 Agustus 1965 (Singapura). Tak pelak lagi menyangkut penyelenggaraan Sea Games nanti ketiga negara ini akan berusaha melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik juga bagi negara masing-masing dalam pentas sea games.

Dalam setiap ajang pergelaran Sea Games, cabang sepakbola selalu menjadi pusat perhatian. Begitu juga yang akan terjadi pada tahun ini. Semua negara melakukan pelatihan maksimal untuk mencapai hasil yang sesuai di harapkan.

Indonesia yang kini dilatih oleh pelatih berkebangsaan Spanyol yaitu Luis Milla menyongsong Sea Games dengan asa merebut medali emas, setelah terakhir kalinya direbut pada tahun 1991 di Manila. Jika melihat sejarah prestasi sepakbola timnas Indonesia. tahun 1991 adalah tahun terakhir timnas Indonesia menjadi jawara even internasional, lalu sayangnya sejak saat itu prestasi timnas Indonesia seakan tenggelam. Dengan catatan 5 kali menjadi finalis piala AFF belum menjadi capaian prestasi yang bisa membuat kita berbangga hati. Seolah kita hanya sanggup sampai di final dan tidak punya mental juara.

Untuk itu tentulah kita berharap puasa gelar yang cukup lama dialami timnas ini segera berakhir. Semoga saja timnas Indonesia mampu mencapai kejayaan seperti yang kita harapkan.

Kalau melihat peta persaingan sepakbola Asia Tenggara, Thailand tentulah menjadi tim yang paling disegani di kawasan ini. Thailand telah selalu berhasil masuk semifinal Asian Games. Dimana pada Asian Games juga menggunakan standar usia U23 seperti Sea Games.

Timnas Thailand tentulah menjadi lawan yang berat untuk mencapai gelar juara. Namun selain Thailand kita juga akan mendapat saingan dari tim tuan rumah yaitu Malaysia. Meskipun prestasi timnas Malaysia mulai kendur pada 2 tahun terakhir tetapi dengan faktor bertanding dihadapan publik sendiri tentulah akan memberi tenaga ekstra bagi Malaysia.

Tim seperti Vietnam dan Myanmar juga tidak bisa dianggap remeh. Dimana Myanmar pada pegelaran piala AFF 2016 lalu banyak memboyong pemain usia muda yang kemudian mereka proyeksikan untuk Sea Games tahun ini.

Sedangkan Vietnam yang akan berlaga pada piala dunia U21 tahun ini jelas akan memberikan ancaman tersendiri. Mengingat uforia kebangkitan sepakbola Vietnam sangat kuat akhir-akhir ini.

Perjuangan timnas Indonesia tentulah sangat berat untuk mencapai gelar juara tahun ini. Namun tradisi sebagai tim kuat Asia Tenggara yang telah tertanam sejak masa lalu tentu tetap akan menjadi nilai tersendiri yang membuat lawan tetap memperhitungkan Indonesia.

Tim seperti Singapura dan Filipina bagaimanapun tetap menyimpan ancaman tersendiri bagi Indonesia. Singapura dan Filipina tak bisa dianggap lebih lemah dari kita, karena kalau boleh jujur sebenarnya pada Sea Games kali ini kita memang menjadi tim dengan peta kekuatan lapis kedua.
Dibawah ini saya akan tampilkan tim unggulan pada pegelaran sepakbola Sea Games 2017 :

Tim Unggulan Pertama : Thailand, Malaysia Dan Vietnam
Tim Unggulan Kedua : Myanmar
Tim Unggulan Ketiga : Indonesia, Singapura, Filipina
Tim non Unggulan : Timor Leste, Brunai Darussalam, Laos dan Kamboja

Tim-tim unggulan seperti Thailan, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Indonesia, Singapura dan Filipina memiliki kans untuk menjadi jawara sepakbola Sea Games 2017. Sedangkan tim non unggulan seperti Timor Leste, Brunai Darussalam, Laos dan Kamboja rasanya masih sulit untuk mencapai babak final Sea Games tahun ini.

Nama besar Thailand masih tetap akan menjadi perhatian bagi semua tim. Menghadapi Thailand akan menjadi beban bagi semua tim.

Saya sangat berharap undian grup akan mempertemukan laga Thailand, Malaysia, Vietnam dan Indonesia di semifinal tahun 2017 ini. tentunya akan menjadi semifinal ideal dan sangat seru. Semoga Indonesia akan berada dalam 4 besar rivalitas tingkat tinggi sepakbola Asia Tenggara. Yang penting kita berhasil mengatasi negara dengan kekuatan relatif sama dengan kita seperti Myanmar, Singapura dan Filipina.

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan adalah kalau bisa pada saat menghadapi tim unggulan kita harus menang besar untuk mendapat selisih gol yang tinggi demi mengamankan peluang masuk ke semifinal. Saya selalu heran melihat laga Thailand atau Vietnam saat mereka berhadapan dengan tim seperti Kamboja dan Brunai Darussalam biasanya Thailand atau Vietnam tentu selalu menang besar dengan margin gol paling tidak 5 angka. Sedangkan Indonesia dalam menghadapi tim seperti Laos, Kamboja atau Brunai tidak bisa menang dengan skor besar.

Contohnya kalau Thailand vs Laos berakhir dengan skor 9-0 biasanya Indonesia hanya bisa menang dengan skor 5-2. Semoga tahun ini tidak demikian. Kalau bisa ya kita menang besar menghadapi tim lemah. Jangan kendurkan semangat menghadapi tim lemah. Bermain seperti menghadapi tim besar lainnya mungkin akan memberikan hasil lebih baik.

Akhir kata. Tak henti-hentinya saya berharap Indonesia akan menjadi jawara sepakbola pentas sea games 2017. Ayo Garuda,,, taklukkan Gajah, Harimau, Naga dan Singa.