Siapa Sebenarnya Penemu Mesin Uap?



Siapa Sebenarnya Penemu Mesin Uap?

Mesin Uap atau dalam bahasa Inggris-nya steam engine adalah sebuah mesin yang memanfaatkan energi panas uap dari air yang dirubah menjadi energi mekanik. Pada dasarnya mesin uap merupakan mesin eksternal dimana ketika uap melalui piston maka akan terjadi energi mekanik atau pergerakan mesin secara kontinu sesuai dengan energi yang didapatkan.

Ketika mendengar tentang Mesin Uap, umumnya orang-orang akan  mengingat nama James Watt, karena menurut buku pelajaran di sekolah memang demikian adanya.

Nyatanya, perintis awal mesin uap bukanlah James Watt melainkan seorang yang hidup pada masa Romawi kuno yang bernama Hero pada sekitar abad 1 Masehi. Namun sayangnya, informasi tentang mesin uap kuno ini tidak menjadi pembahasan ilmiah hingga berabad-abad lamanya. Barulah pada tahun 1698 Thomas Savery mulai membuat mesin uap terbaru, namun sayangnya mesin buatan Thomas Savery yang memiliki satu tenaga kuda ini masih terlalu sederhana untuk kebutuhan pada masa itu, hingga mesin uap versi Thomas Savery yang lebih sering diidentikkan dengan “fire engine” atau “mesin api” karena sering mogok pada saat aktivitas.

Lalu dengan sentuhan yang lebih baik, pada tahun 1712 Thomas Newcomen berhasil menemukan sebuah mesin uap yang memiliki 5 tenaga kuda. Namun mesin uap temuan Thomas Newcomen juga masih belum sempurna, karena kebutuhan industri pada saat itu sebenarnya memerlukan suatu alat yang lebih canggih.

Barulah pada tahun 1781 nama James Watt dikenal luas karena penemuannya yang berhasil menyempurnakan konsep Thomas Newcomen, dan Mesin Uap penemuan James Watt memiliki 10 tenaga kuda yang berarti dua kali lipat lebih kuat dari penemuan Thomas Newcomen. Dengan 10 tenaga kuda tersebut, James Watt menggunakanm konsep rotasi pada roda sehingga mesin yang dibuatnya lebih tahan lama. Mengingat kata efisien dan efektif, maka penemuan James Watt memang sesuai dengan hal itu.

 James Watt

Dengan dasar penemuan James Watt itulah kemudian digunakan secara luas oleh masyarakat Inggris yang saat itu sedang giat melaksanakan revolusi industri. Mesin uap versi James Watt kemudian diperbaharui kembali oleh Richard Trevithick yang meminimalisir ukuran mesin uap buatan James Watt sebelumnya, dengan penemuan Richard Trevithick ini akhirnya mesin uap bisa dibuat masal untuk kepentingan industri yang lebih luas.

Analisa siapa sebenarnya penemu mesin uap

Jika melihat dari data-data diatas maka sebenarnya bisa kita ketahui bahwa ide pembuatan mesin uap sebenarnya telah berasal dari abad 1 Masehi, namun penggunaan mesin uap yang efektif dan efisien diawali oleh James Watt itulah sebabnya bahwa selalu disebut-sebut bahwa penemu mesin uap adalah James Watt, walaupun sebenarnya beliau bukanlah penemu yang pertama, namun beliau hanya penemu mesin uap modern yang pertama.