Cerita Disebalik Lagu Kebangsaan Amerika Serikat


Cerita Disebalik Lagu Kebangsaan Amerika Serikat

Lagu kebangsaan Amerika Serikat berjudul Star Spangled Bannermerupakan lagu yang iramanya diadopsi dari lagu Inggris kuno karangan John Stafford Smith. Lagu yang awalnya diciptakan untuk komunitas musisi Inggris abad ke 18 itu sangat populer di Amerika Serikat pada era kolonialisme Inggris. 

Dikemudian hari ketika Amerika Serikat mencapai kemerdekaannya, lagu yang awalnya tidak memiliki lirik resmi itu diberi lirik oleh Francis Scott Key setelah terinspirasi melihat perang Baltimore antara Amerika Serikat dan Inggris yang terjadi pada tahun 1812. Lirik lagu gubahan Francis Scott Key sebenarnya merupakan bentuk puisi atas kemenangan Amerika Serikat pada hari itu, dimana bendera Amerika tetap berkibar diatas bukit ketika perang berlangsung. Tak lama kemudian, irama dan puisi itu dijadikan sebuah lagu komplit dan terkenal sebagai lagu penyemangat bagi pasukan Amerika Serikat. 

Lagu yang dianggap sebagai lagu patriotik bagi rakyat Amerika Serikat itu kemudian secara resmi menjadi lagu Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1889. Kekemudian pada tahun 1916 melalui Presiden Woodrow Wilson .

Pada 3 maret 1931 rapat kongres Amerika Serikat menentukan bahwa “Star Spangled Banner” menjadi lagu kebangsaan bagi Amerika Serikat, yang ditandatangani oleh Presiden Herbert Hoover. Sebelum tahun 1931 lagu “hail Columbia” juga dikenal luas oleh masyarakat Amerika Sebagai lagu nasional yang menyamai tempat lagu Star Spangled Banner. Lagu lain yang juga sempat dikenal masyarakat Amerika Sebagai lagu nasional adalah lagu “my country tis of thee”, namun karena lagu ini memiliki irama yang sangat identik dengan lagu kebangsaan Inggris, perlahan-lahan lagu “my country tis is thee” diketepikan. Hingga akhirnya lagu Star Spangled Banner lah sangat melekat dihati masyarakat Amerika Serikat.

Berikut ini merupakan lirik  lagu kebangsaan Amerika Serikat Star Spangled Banner:

O say can you see by the dawn's early light
What so proudly we hailed at the twilight's last gleaming
Whose broad stripes and bright stars through the perilous fight
Over the ramparts we watched were so gallantly streaming
And the rockets red glare the bombs bursting in air
Gave proof through the night that our flag was still there
O say does that star spangled banner yet wave
Over the land of the free and the home of the brave
(kini lagu Star Spangled Banner umumnya dinyanyikan sampai bait diatas)

O thus be it ever when freemen shall stand
Between their loved homes and the wars desolation
Bless with victory and peace may the God rescued land
Praise the Power that hath made and preserved us a nation
Then conquer we must when our cause it is just
And this be our motto In God is our trust
And the star spangled banner in triumph shall wave
Over the land of the free and the home of the brave
(kadang juga dinyanyikan komplit dengan lirik ini)

Demikianlah cerita disebalik lagu kebangsaan Amerika Serikat, dan yang terpenting dari sebalik kisah itu ada semangat kemerdekaan yang sangat besar untuk mencapai cita-cita yang diinginkan, walaupun itu harus menyebabkan pengorbanan harta dan nyawa. Namun kalau diperhatikan dengan seksama lirik ini 
Then conquer we must when our cause it is just” apa maksudnya? Ada yang menganggap bahwa ketika suatu saat Amerika Serikat telah merdeka maka Amerika Serikat harus memperluas daerah kekuasaanya dengan jalan penaklukan. Buktinya baik itu dengan jalan perang atau damai satu persatu daerah takluk kedalam pangkuan Amerika Serikat. Jika menilik arti “conquer = penaklukkan” lebih jauh agaknya yang dimaksud disini adalah penaklukan jauh dari wilayah yang sudah ada, itu kemudian terbukti saat Amerika Serikat mulai menginvasi Filipina, Vietnam, Afghanistan dan Iraq,  terlepas apapun latar belakang penyerangan itu tetapi daerah daerah yang disebutkan itu memang takluk atau pernah takluk dalam tempo tertentu kepada Amerika Serikat. 

Namun jika diperhatikan Conquer yang dimaksud adalah penaklukan terhadap beberapa wilayah disekitar Amerika Serikat masa awal, maka perlu diingat bahwa rentetan perang dengan Spanyol dan  Indian yang  berlangsung di beberapa kawasan memang telah terbukti berhasil dan mereka berhasil menaklukkan target mereka.

Jika difikir lebih sederhana lagi, mungkin jalan fikiran Francis Scott Key ialah membayangkan kemenangan terhadap Inggris akan membawa para keturunan Inggris (Amerika Serikat itu sendiri) akan bebas dari pengaruh tanah leluhur mereka, lalu mereka harus fokus untuk menanamkan pengaruh pula kepada suku primitive yang masih berdampingan dengan mereka saat itu.

Bagaimanapun itu, kita hanya bisa menerka-nerka tanpa bisa memastikan apa sebenarnya maksud conquer disana. Lagu  kebangsaan adalah bagian penting dari suatu negara karena disana ada nilai historis pembentukan suatu negara, begitu juga Star Spangled Banner yang menceritakan perjuangan dahsyat para pendamba kemerdekaan dari Kerajaan terbesar didunia saat itu (Inggris).