Mapuche Suku Asli Negara Chile


Mapuche Suku Asli Negara Chile

Mapuche adalah suku yang hidup di negara Chile. Masyarakat suku Mapuche juga ada yang hidup di Argentina. Populasi masyarakat Mapuche di dunia diperkirakan sekitar 1,7 juta jiwa, dimana 1,5 juta jiwa berada di Chile sedangkan 200 ribu lainnya hidup di Argentina. Kini Suku Mapuche memegang setidaknya 9% dari total populasi negara Chile.

Pada saat Chile dijajah Spanyol kebanyakan suku Mapuche berasimilasi dengan pendatang dari Spanyol. Sedangkan masyarakat Mapuche yang berada di Araucania dan Patagonia sempat mempertahankan diri tanpa mau berbaur dengan penjajah hingga pada akhirnya daerah kekuasaan mereka pun harus dianeksasi oleh pemerintahan Chile pada perang Araucania dimana akhirnya daerah kekuasaan suku Mapuche yang merdeka dimasukkan kedalam wilayah negara Chile modern (1882M).

BACA JUGA : sejarah kerajaan sumeria

Semenjak dikuasai oleh Chile akhirnya agama Mapuche perlahan berganti menjadi agama Kristen. Serta bahasa Spanyol juga mulai digunakan masyarakat Mapuche selain bahasa Mapuche sendiri. 

 Tentara Mapuche Zaman Dulu

Dalam catatan perjalanan sejarah bangsa Mapuche, bangsa Mapuche sebelum kedatangan Spanyol juga sempat diserbu tentara Inca. Serangan pasukan Inca ini ternyata dapat diredam dan menimbulkan kesadaran bagi penduduk Mapuche untuk membangun kemiliteran dan peradaban yang lebih kokoh lagi.

 wanita suku Mapuche sedang protes anti diskriminasi

Pada abad ke 16 M ketika Spanyol telah berhasil menaklukkan Peru. Tentara-tentara Spanyol menjelajah kawasan selatan Peru dan menemukan bangsa Mapuche, namun pada saat itu Pedro De Valdivia yang bertujuan untuk mencari daerah penghasil emas masih kesulitan untuk menaklukkan bangsa Mapuche.

Agama suku Mapuche adalah Wenu Mapu dan juga Minche Mapu dengan Tuhan menurut kepercayaan mereka disebut dengan nama Ngenechen. Walau begitu asimilasi dengan bangsa Spanyol memang telah membuat sebagian masyarakat Mapuche mulai mengadopsi Agama Kristen.

Hingga kini masih terdapat gerakan separatis Mapuche untuk membebaskan dari pengaruh negara Chile namun pergerakan bawah tanah ini masih selalu dapat diredam oleh Pemerintah, sedangkan sebagian besar rakyat Mapuche kini telah memiliki semangat Nasionalisme sebagaimana masyarakat Chile yang berkuturunan Spanyol.

Demikianlah informasi mengenai salah satu suku bangsa asli terbesar di Chile, meskipun kini Chile telah menjadi negara paling maju di kawasan Amerika Selatan, tetapi kita tidak bisa melupakan begitu saja Suku Bangsa Asli Chile yang bernama Mapuche ini dalam pergulatan sejarah bangsa Chile. Semoga kebudayaan bangsa Chile dan rakyat Chile sendiri tidak tergusur oleh kemajuan peradaban, alangkah lebih baik jika tidak terjadi diskriminasi di Chile dan menganggap bahwa bangsa Mapuche merupakan bangsa terpenting bagi identitas bangsa Chile.