Ethiopia Bangun Dari Tidur Panjang, Bukan Lagi Negara Termiskin Didunia



Ethiopia Bangun Dari Tidur Panjang, Bukan Lagi Negara Termiskin Didunia

Ethiopia adalah negara yang terletak di Afrika Timur dengan ibukota Addis Ababa. Negara yang sempat disebut-sebut sebagai negara termiskin di dunia ini kini sudah merangkak naik perekonomiannya. Kekeringan yang melanda negara ini sempat membuat Ethiopia menjadi kawasan paling kritis di dunia pada era 90 hingga awal tahun 2000 namun kini semuanya telah berganti. Ethiopia seolah bangun kembali dari tidur panjangnya pada musim kemarau. 

 ibukota Ethiopia : Addis Ababa

Fakta Kejayaan Ethiopia Pada Masa Lampau

Suatu masa lalu Ethiopia merupakan negeri paling subur, makmur dan berperadaban di Afrika. Bahkan selepas Kerajaan Mesir mundur rakyat Ethiopia masih terus menjadi pusat beradapan di Afrika.

Pada masa lampau Kerajaan Aksum merupakan Kerajaan yang tangguh di Ethiopia yang kemudian tetap berkembang dan menjelma menjadi suatu Kerajaan berperadaban pada masa perkembangan Agama Kristen. Dikenal sebagai Kerajaan Habsyah oleh bangsa Arab dan disebut sebagai Abbysinia oleh bangsa Eropa. Baik itu bangsa Eropa dan juga bangsa Arab sangat segan dengan keberadaan Kerajaan Abbysinia ini, karena secara sosial peradaban mereka menjunjung tinggi nilai kegamaan yang terkadang dicampuri oleh urusan politik bagi kawasan Arab dan Eropa sedangkan Abbysinia sama sekali tetap beribadah dengan baik sesuai dengan kepercayaan mereka secara damai. Kristen, Islam dan Yahudi menjadi Agama yang telah mengakar jauh dalam budaya Ethiopia. Jika kita melihat kejayaan Kerajaan Aksum dan Kejayaan Habsyah maka kita akan terkejut melihat bahwa peradaban Afrika yang biasanya dibangun oleh Eropa (Afrika Selatan) dan Mesir (perpaduan Eropa-Arab­-Persia)  namun di Habsya, justru kejayaan mereka dibangun oleh bangsa Afrika sendiri yang notabenenya bangsa kulit hitam yang dahulu kala diidentikkan dengan kaum “budak” pada masa lampau.

Ethiopia adalah bangsa kulit hitam yang spesial. Bangsa mereka telah menguasai kawasan Afrika secara luas, negara mereka yang dijuluki sebagai Macan Afrika memang memiliki tingkat intelegensia diatas rata-rata masyarakat Afrika pada umumnya.

Diperkirakan Ethiopia akan kembali bangkit menjadi negara maju pada tahun 2025, jika dilihat dari perkembangan yang pesat yang mereka alami sekarang. Inilah mungkin bukti nyata bahwa mereka sesungguhnya adalah keturunan dari para leluhur mereka yang maju suatu ketika dulu. Seperti Cina dan India yang seolah kembali kepada era kejayaan masa lampau kembali  di Asia, begitu juga dengan Ethiopia.

Idiom sebagai negara termiskin dan kacau balau tak lama lagi akan sirna dari Ethiopia, seolah mengikuti kata pepatah “habis gelap terbitlah terang”.

 Ethiopia terus membangun