Sejarah Pendirian Bank Pertama Di Dunia



Sejarah Pendirian Bank Pertama Di Dunia

Zaman sekarang Bank sudah menjadi sarana terpenting bagi perekonomian. Bank bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan uang namun bank dewasa ini telah memainkan berbagai macam peran sentral bagi pembangunan ekonomi suatu negara.

Dengan canggihnya peralatan teknologi zaman sekarang semakin menopang perkembangan dunia perbankan dalam melayani para nasabah. Pentingnya memiliki rekening bank telah menjadi suatu keharusan bagi masyarakat era modern seperti sekarang ini. Terlebih sekarang telah muncul berbagai macam bank terbaru dengan sistem online yang berarti telah membawa umat manusia kepada sistem perbankan yang semakin canggih.

Ditengah perkembangan dunia perbankan yang semakin canggih saya menjadi terfikir bagaimana pertama kali dicetusnya ide pendirian bank pertama sekali didunia. Ternyata eh ternyata, sejarah terjadinya bank telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Sejarah Terjadinya Bank

Ide awal pendirian bank ternyata telah terjasi sejak era Kerajaan Assyria pada tahun 2000 Sebelum Masehi atau lebih kurang 5000 tahun yang lalu. Konsep bank sebagai pusat simpan pinjam pada masa Kerajaan Assyria berperan sebagai sarana simpan pinjam bagi para petani dan para peniaga. Konsep kuno perbankan ala Assyria ini juga terdapat pada Kerajaan Babylonia, Yunani Kuno, Romawi, Cina Kuno dan India Kuno.
Peradaban besar masa lalu yang telah mencapai puncaknya masing-masing ternyata telah berfikir cara untuk menyeimbangkan ekonomi mereka dengan adanya bank. Dengan demikian kita mendapat suatu pemahaman baru bahwa, manusia masa lampau telah memberikan kita pondasi “menabung” untuk masa depan yang lebih baik. Pada masa lalu tempat untuk simpan pinjam uang biasanya pada tempat ibadah, ini jelas berbeda dengan bank yang berdiri dikemudian hari yang telah menggunakan bangunan khusus tersendiri untuk bertransaksi.

Pada era yang lebih maju yaitu pada abad 15 Masehi, disebut sebagai pendirian bank pertama kali didunia yaitu di Spanyol yang bernama The Taula de la Ciutat di Barcelona, Spanyol.  Pada saat itu bank telah berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan aset harta karun pemerintah Catalunia. Sejak didirikanya Bank di Spanyol itu hampir dengan konsep yang sama, didirikan juga berbagai macam bank lainnya di belahan dunia Eropa seperti di Siena, Italia pada tahun 1472.

Bank era baru dengan fungsi yang lebih kompleks baru berdiri pada tahun 1587 di Venesia, Italia yang dikenal dengan nama “Banco Di Rialto”. Bank terbaru ala Venesia ini telah mengenal sistem penggunaan “cek” serta telah menerima sistem penyimpanan harta kekayaan berupa perak dan emas. Banco Di Rialto menjadi bank pertama di dunia yang memperkenalkan sistem cek dan dianggap sebagai pondasi bank modern seperti sekarang ini.


Nah, itulah perjalanan masa lampau pendirian terjadinya bank didunia. Kini perbankan dunia semakin maju dan berkembang karena dibarengi dengan perkembangan dunia teknologi. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi sobat semua. Terimasih.