Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic



Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic

Kapal Titanic merupakan sebuah kapal mewah yang mulai dibuat pada tahun 1909 dan baru selesai total pengerjaannya pada tanggal 2 April 1912. Kapal Titanic merupakan kapal milik Inggris yang dibuat di Belfast, Irlandia Utara. Kapal Titanic merupakan sebuah kapal megah yang tersohor pada zamannya, namun sayangnya Kapal Titanic mengalami nasib tragis karena harus tenggelam pada saat pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris ke New York, Amerika Serikat. Kapal Titanic baru mulai berlayar pada tanggal 10 April 1912 dan hanya berlayar selama 5 hari, karena tepatna pada tanggal 15 April Kapal yang semakin terkenal namanya berkat Film Titanic ini tenggelam di lautan Atlantik.

Kapal Titanic dibangun dengan konsep teknologi tercanggih pada zamannya. Kapal ini mampu menampung setidaknya 2.500 penumpang. Pada saat pelayarannya dari Inggris menuju Amerika Serikat kapal ini bermuatan 1.317 orang. Kapal Titanic memiliki ukuran panjang 269 meter dan lebar 28 meter.

Hingga sekarang penyebab tenggelamnya kapal Titanic masih menuai perdebatan. Berbagai macam teori muncul terkait kasus ini. Namun umumnya para peneliti sepakat bahwa kapal Titanic tenggelam karena benturan dengan sebongkah es di tengah lautan Atlantik. Adapun beberapa faktor lain yang menjadi indikasi tenggelamnya kapal Titanic bersifat teori. Misalnya, para peneliti menganggap bahwa struktur bahan bangunan kapal Titanic sebenarnya tidak cocok untuk menampung bobot kapal. Sedangkan sisi religius penyebab Kapal Titanic tenggelam adalah karena tidak adanya seremonial pembabtisan Kapal seperti bagaimana Kapal yang dibuat di Eropa dan Amerika pada umumnya.

Dalam film Titanic kita juga melihat bahwa tenggelamnya kapal Titanic memang disebabkan oleh karena kapal Titanic menabrak bongkahan es. Hal ini terjadi karena awak kapal sedang asik melihat Jack dan Rose sedang bermesraan di ujung kapal. Adegan mesra Jack dan Rose di pangkal kapal itu menjadi adegan yang selalu menjadi perbincangan karena romantisme luar biasa. Sayangnya saudara pemirsa, kisah Jack dan Rose yang mendunia ini hanyalah fantasy sang sutradara James Cameroon supaya film Titanic dapat terasa lebih mengena ke penonton sekalian.

Jadi kalau dibilang bahwa penyebab kapal Titanic tenggelam adalah karena Jack dan Rose yang bermesraan di ujung kapal itu salah besar. Karena itu hanyalah bagian imajinasi James Cameroon. Yang nyatanya kapal Titanic tenggelam karena menabrak bongkahan es di lautan.

Lah kenapa bisa menabrak es? Untuk menjawab hal ini kita perlu kembali pada konsep human error. Karena hal ini merupakan keteledoran dari awak kapal.


Oia, kembali lagi ke pembahasan tentang film Titanic. Film tersebut memang mengisahkan tentang Kapal Titanic yang tenggelam di lautan Atlantik itu, namun dalam film itu ada karakter sejarah dan karakter fiksi. Sedangkan untuk suasana dalam kapal kita bisa menyebutnya relatif mendekati kebenaran karena pembuatan film Titanic dilakukan setelah menelitik bangkai kapal Titanic dengan sangat intens. Bahkan seperti scene dimana kapal terbelah dua dan para musisi yang masih memainkan musik diakhir tenggelamnya kapal, itu semua memang diakui oleh saksi mata. Hanya saja kisah Jack dan Rose itu yang murni hasil imajinasi sang sutradara.