10 Manfaat Belajar Sejarah



10 Manfaat Belajar Sejarah

Sejarah merupakan segala sesuatu yang terjadi pada masa lampau. Kini, sejarah telah menjadi suatu ilmu yang kian populer, dimana kita bisa belajar dari perjalanan sejarah umat manusia didunia untuk kemudian kita manfaatkan untuk masa depan yang lebih baik.

Adapun manfaat belajar sejarah bisa kita rangkum sebagai berikut.
     1       Bejalar sejarah bisa bermanfaat sebagai ilmu pengetahuan
    2.       Dengan belajar sejarah kita jadi lebih mudah memahami bidang ilmu yang ingin kita tekuni dikemudian hari.
     3.       Belajar sejarah membuka wawasan
     4.       Belajar sejarah itu mempertajam analisa
     5.       Belajar sejarah itu membiasakan diri berfikir kritis dan faktual.
     6.       Ilmu sejarah bermanfaat untuk memprediksi masa depan
     7.       Ilmu sejarah menopang karir bagi mereka yang bergerak di bidang pemerintahan, sosial dan politik.
     8.       Orang yang faham sejarah pintar berorasi
     9.       Orang yang faham sejarah selalu terlihat menarik bagi lawan bicara karena terkesan tahu segalanya
    10.   Orang yang belajar sejarah dapat lebih cepat tanggap dan lebih responsif terhadap ilmu pengetahuan terbaru.

Hampir tidak akan ada kemajuan ilmu pada masa sekarang jika tidak ada ilmu yang ada pada masa sebelumnya. Dan ilmu sejarah adalah sebuah pintu untuk mempelajari segala macam ilmu yang lainnya. Karena segala sesuatu yang terangkum pada masa lalu telah menjadi pembelajaran tersendiri untuk hari ini dan masa depan.

Bagaimanapun setiap ilmu pengetahuan memiliki kelebihannya masing-masing. Termasuk ilmu sejarah sendiri. Sebenarnya ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari belajar sejarah. Sudah banyak para pemimpin dunia yang terkenal dan hebat dikarenakan landasan belajar ilmu sejarah. Bahkan kemerdekaan bangsa Indonesia juga tidak terlepas dari peran pemuda yang belajar sejarah dan kemudian menyadari bahwa para leluhur bangsa Indonesia merupakan orang-orang yang hebat dan tangguh maka sebagai generasi penerus mereka kita harus merdeka dan maju sebagaimana bangsa lain yang telah lebih dulu mencapai kemajuan.

Semua ilmu pengetahuan itu baik jika digunakan untuk tujuan yang baik. Begitu juga ilmu sejarah, selama ia digunakan untuk tujuan menambah wawasan diri dan membangun bangsa dan negara, tentulah ilmu sejarah menjadi sangat penting perannya. Namun jika suatu ilmu digunakan untuk merusak atau memecah belah ketentraman yang ada maka artinya ilmu yang dipelajari itu tidak memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain atau sederhanyanya tidak berguna.

Untuk itu jadilah seorang pelajar yang haus akan ilmu dan teruslah menyebarkan kebaikan untuk dunia yang lebih baik.