Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris



Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak penuturnya didunia. Hampir dalam semua media sekarang kita menemui bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang digunakan untuk pengantar suatu informasi. Bahasa Inggris juga boleh dibilang sebagai bahasa yang digunakan sebagai bahasa teknologi, dengan demikian para pelajar ataupun orang-orang yang ingin mendapatkan informasi tambahan akan lebih terbantu jika memiliki kemampuan bahasa Inggris.

Bagi sebagian orang di Indonesia Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sulit untuk dipelajari. Padahal hal ini hanyalah pandangan dari orang-orang yang tidak memiliki niat untuk belajar bahasa Inggris. Sebenarnya bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling mudah dipelajari bagi masyarakat Indonesia. Karena sarana belajar bahasa Inggris sebenarnya bisa kita temui dari berbagai macam cara, bahkan pada nyatanya belajar bahasa Inggris bisa lebih mudah jika kita memanfaatkan sarana, TV dan internet.

Kali ini kita akan membahas dua cara untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris selain menggunakan buku. Karena tidak semua orang bisa nyaman berlama-lama membaca buku.

Belajar Bahasa Inggris melalui media Televisi
Belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan televisi sebagai sarananya bisa kita lakukan setiap hari dan setiap saat. Caranya selalu lah mempersiapkan kamus didepan televisi. Karena setiap hari di televisi kita akan menemukan kosa kata bahasa Inggris yang diucapkan baik itu di film maupun disuatu acara. Saat kita tidak mengerti apa yang terdengar dari TV segeralah untuk membuka kamus. Dengan demikian kita dapat menambah wawasan vocabulary setiap waktu.

Televisi bisa sangat baik digunakan sebagai sarana listening. Caranya setiap menonton film yang berbahasa Inggris, jangan melihat teks. Dengan cara menghadap kebelakang televisi. Pertama-tama memang agak ribet karena kita tidak terbiasa menonton film dari cara seperti itu dan kemungkinan kita tidak mudah mengerti apa yang diucapkan oleh penutur bahasa Inggris di TV. Itu bisa dimaklumi karena disekolah kita belajar bahasa Inggris ala Indonesia, yang berarti kita belajar pronounciation tidak dengan cara penyebutan ala Inggris atau Amerika. Saat belajar di sekolah kita lebih dominan terpengaruh oleh logat guru atau dosen pengajar. Itu yang membuat kita sulit beradaptasi saat mendengar penutur bahasa Inggris sebenarnya mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris, walaupun terkadang kata yang diucapkannya itu sebenarnya sering kita dengar sewaktu di sekolah, contohnya seperti kata break, light, honest dll.

Dengan memanfaatkan media televisi kita belajar dengan cara menonton film, mendengar lagu dan menonton berita berhasa Inggris untuk melatih telinga kita agar lebih familiar dengan pengucapan bahasa Inggris. Yang terpenting kita harus selalu meletakkan kamus dekat dengan televisi, supaya setiap kali ada kata yang tidak kita mengerti maka langsunglah membuka kamus. Ataupun kalau punya HP canggih yang bisa mengakses internet maka bisa membuka google translate .

Satu hal yang juga penting, ingat jadwal berita berbahasa Inggris dan jangan ketinggalan berita bahasa Inggris. Kalau saya sendiri masih selalu menunggu berita di TVRI pada setiap jam 17.00 sore. Dengan menonton berita itu saya selalu mendapatkan kata-kata baru yang menambah kaya vocabulary saya. Dan lebih baiknya lagi saat menonton berita berbahasa Inggris, cobalah untuk membaca running text atau teks berjalan yang berbahasa Inggris saat sedang menyiarkan berita berbahasa Inggris. Dengan membaca running text kita dapat menambah kemampuan reading. Dengan demikian televisi mampu menjadi sarana yang sangat baik untuk belajar bahasa Inggris dimana kemampuan listening dan reading kita akan terus diasah.

Belajar Bahasa Inggris Dengan Media Internet

Untuk belajar bahasa Inggris melalui media internet berarti kita mengasah kemampuan reading dan writing. Sarananya melalui laptop, komputer atau HP android. Caranya buka lah situs-situs berbahasa Inggris dan cari informasi yang menarik bagi kita, misal cnn dan national geographic. Kemudian bacalah teks bahasa Inggris itu dengan sungguh-sungguh seolah kita adalah pembaca berita berbahasa Inggris, dengan demikian lama-kelamaan kemampuan reading dan pronounciation kita akan semakin baik.

Cari arti kata yang tidak kita mengerti dari suatu teks dengan begini maka setiap hari akan ada penambahan kosakata bahasa Inggris setiap hari baik itu melalui google translate ataupun melalui kamus.

Bahkan untuk lebih intens kita juga bisa menggunakan sarana youtube untuk belajar bahasa Inggris tapi ya itu kalau nonton youtube kuota cepat ludes, jadi ya kalau mau nonton di televisi aja baiknya dan kalau mau baca gunakan sarana internet.

Belajar bahasa Inggris via internet sangat gampang dan menyenangkan misalnya kita ada menggemari satu lagu Inggris. Maka carilah lirik lagu itu di google kemudian, terjemahkan lirik tersebut melalui google translate atau kamus maka dengan cara ini kita akan lebih mudah menghafalt setiap kata dalam bahasa Inggris. Semakin banyak lagu Inggris yang kita hafal semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang kita miliki.


Nah, mungkin itu saja dua cara mudah belajar bahasa Inggris melalui televisi dan internet. Saya sendiri dan ramai orang sudah membuktikan ampuhnya cara ini. Yang terpenting memang niat, karena kalau memiliki niat yang kuat maka akan timbul kesungguhan dalam hati untuk belajar bahasa Inggris dan bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris itu seru, apalagi jika dikampung atau kotamu ada banyak turis, maka bisa langsung praktek speaking, dimana melalui speaking inilah motivasi untuk semakin belajar bahasa Inggris semakin kuat.