Sejarah Kemerdekaan Negara Prancis



Sejarah Kemerdekaan Negara Prancis

Prancis adalah negara yang termasuk sebagai deretan negara terkenal di dunia. Baik itu karena disebut sebagai negara maju, menara Effeil, Sepakbola, Fashion dan berbagai daya tarik Prancis yang terkenal ke seantero dunia. 

Sobat yang kuat belajar, seperti biasa kita akan menelusuri tapak sejarah perjalanan negara Prancis sehingga menjadi Prancis yang dikenal seperti sekarang. Bagaimana perjalanan sejarah negara Prancis? Berikut ini rangkuman singkat sejarah kemerdekaan negara Prancis.

Pada masa zaman besi, bangsa Celtic telah hidup di Prancis dan pada saaat itu mereka menamai kawasan Prancis sebagai Gaul. Itu menyebabkan bangsa Prancis kuno juga disebut dengan istilah bangsa Gaul. Luas kawasan bangsa Gaul zaman dahulu diperkirakan sama dengan luas Prancis sekarang. Bangsa Gaul sendiri akhirnya harus takluk pada bangsa Roma pada sekitar tahun 58 SM. Kemudian terjadi asimilasi berbagai macam bangsa di tanah Prancis sejak saat itu diantara bangsa Gaul, German dan Roma, hal ini membuat suatu komunitas baru dengan semangat penyatuan yang diproses dengan berbagai macam tragedi.

 Bendera Prancis

Perpaduan antara budaya German, Romawi dan Gaul sendiri telah menimbulkan suatu identitas baru, lalu seiring waktu timbullah semangat persatuan atas nama bangsa Frank, seiring dengan konversi Agama menjadi Kristen dari Agama kuno sebelumnya. Perpaduan Prancis baru ini disebut mulai terjadi pada tahun 486 Masehi. Seiring dengan berdirinya konstitusi baru dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan Agama katolik bangsa Frank ini kemudian mengganti peran bangsa Gaul yang pernah ada sebelumnya. 

Semenjak abad 9 Masehi dan abad sepuluh Masehi, Prancis mulai perlahan-lahan merenggangkan diri dari Pemerintahan Romawi dan mereka mulai terpusat akibat penyerangan bangsa Viking kedaerah mereka. Prancis beberapa kali juga mengirimkan armada untuk turut dalam perang Salib, sehingga bahasa Prancis dan budaya Prancis juga terdapat pada masyarakat Timur Tengah yang dikenal sebagai kawasan Levan (Lebanon dan Syria sekitarnya).

Semenjak mulai terpusatnya kawasan daerah-daerah yang sebelumnya saling mendukung, dan melemahnya semangat persatuan sebagai bangsa Romawi. Prancis dan Inggris mulai sama-sama muncul sebagai kawasan paling berpengaruh di Eropa Barat, namun Prancis dan Inggris yang awalnya berasal dari akar yang sama akhirnya harus saling berperang lebih dari 20 kali, untuk membuat batas-batas teritorial yang saling disepakati. Baik itu Prancis maupun Inggris kedua-duanya merasa berhak untuk saling memiliki. Bagi Prancis masyarakat Inggris itu ialah koloni mereka, sedangkan bagi Inggris kawasan Prancis adalah daerah yang menjadi hak mereka, karena Inggris itu sendiri merupakan bangsawan-bangsawan Prancis yang menyeberangi lautan. Konflik gila-gilaan antara Inggris dan Prancis ini akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Pada masa Renessaince dimana bangsa Eropa seolah serempak bangkit dari kurungan Islam yang ada di Timur, Selatan dan Barat daya kawasan Eropa. Prancis juga muncul sebagai negara tangguh yang mulai membuka kawasan kolonisasi di benua Amerika, Asia dan Afrika. Pemahaman penduduk Prancis akan suatu kebebasan mulai membuat timbulnya semangat baru yang anti sistem monarki yang mereka anggap kuno. Bangsa Prancis yang tengah bersaing dengan pihak Inggris sangat bergantung pada para bangsawan, namun sayangnya pemerintah Kerajaan Prancis seolah bersikap lunak kepada musuh bebuyutannya yaitu Inggris. Setelah sukses membantu Amerika Serikat memerdekakan diri dari Inggris yang dianggap sebagai suatu kemenangan bagi Prancis, semangat untuk liberty sebagaimana yang diusung Amerika Serikat juga diadopsi Prancis, sehingga timbulah perang saudara, pemberontakan rakyat terhadap kaum bangsawan Prancis untuk merubuhkan Kerajaan Prancis sendiri dan menggantinya dengan konsep negara baru versi Republik. Peristiwa “Bastille” pada tanggal 14 Juli 1789 kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaan Prancis, dengan demikian berakhirlah Kerajaan Prancis dan berganti menjadi negara Republik sebagaimana hari ini.

Semenjak mencapai sistem pemerintahan kerakyatan, bangsa Prancis terus berusaha memperluas daerah kekuasaan mereka, namun persaingan dengan Inggris tidak mampu mereka menangi karena Napoleon sebagai pendiri Republik Prancis harus takluk ditangan Inggris. Namun begitu Prancis terus berusaha bangkit, dan justru sistem pemerintahan demokrasi itu membawa Prancis lebih kokoh dari sebelumnya. Diluar negeri, Pemerintah Kolonial Perancis merupakan pemerintahan terbesar kedua didunia setelah Inggris, dengan kata lain, Prancis memiliki daerah jajahan terbesar kedua setelah Inggris.

Rangkuman Prancis
Ibukota Prancis adalah Paris
Prancis Merdeka pada tanggal 14 Juli 1789
Lagu Kebangsaan Prancis adalah La Marseillaise
Perkiraan jumlah penduduk Prancis tahun 2016 sebesar 66.700.000 jiwa
Mata Uang Prancis Euro

Lirik Lagu Kebangsaan Prancis La Marseillaise

Allons enfants de la PatrieLe jour de gloire est arrivéContre nous de la tyrannieL'étendard sanglant est levé (bis)Entendez-vous dans les campagnesMugir ces féroces soldatsIls viennent jusque dans vos brasÉgorger vos fils vos compagnes
Aux armes citoyensFormez vos bataillonsMarchons marchonsQu'un sang impurAbreuve nos sillons