10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

10 Kerajinan dari Limbah Kayu yang Unik- banyak sekali jenis jenis limbah ynag dihasilkan oleh manusia. salah satunya adalah limbah kayu, sisa dari tempat pemotongan kayu, bingkai kayu, atau perabotan yang terbuat dari kayu yang terbengkalai begitu saja. jika kita sediki mengapresiasikan limbah itu tadi menjadi seni, tidak ada salahnya juga. limbah banyak sekali jenis dan bentuk, sehingga kita harus pintar memanfaatkan limbah-limbah disekitar kita, limbah kayu termasuk limbah yang mudah dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan dan kita bisa membentuk sesuka hati kita dengan menggunakan limbah kayu.

Kerajinan limbah kayu memiliki banyak manfaat, tergantung dari kita bagaimana kita memanfaatkan limbah kayu yang disekitar kita. jangan hanya memanfaatkan limbah kayu sebagai kayu bakar. kita harus bisa melihat potensi limbah kayu yang bisa kita ubah menjadi kerajinan tangan yang cantik dan bagus. kerajinan limbah kayu bisa kita buat dengan cara diukir, dipotong, atau kita susun seperti gambar dibawah ini. bila anda bingung ingin memanfaat kan limbah kayu menjadi kerajinan yang seperti apa, anda bisa simak artikel saya berikut ini.

Banyak sekali kerajinan limbah kayu yang bisa kita manfaatkan dan ada banyak sekali kerajinan limbah kayu yang berbentuk unik dan lucu. meski limbah kayu hanyalah hasil sisa dari pohon yang sudah mati, namun kita bisa memanfaatkannya dan mengubahnya menjadi kerajinan tangan yang lucu dan unik-unik sekali.
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Kerajinan tangan dari limbah kayu bisa tertbuat dari kayu tertentu seperti dari pohon yang sudah mati, ranting pohon yang patah, atau dari barang barang yang terbuat dari kayu dan sudah tidak terpakai kembali. selain ramah lingkungan limbah kayu bisa ditemukan dimana saja. anda bisa mencari limbah kayu disekitar hutan lokal dan pasti banyak sekali ranting pohon yang sudah mati atau anda ingin memotong beberapa kayu dengan gergaji. namun saya sarankan jangan memotong dari pohon yang masih muda, bila anda ingin memotong pohon lakukan pada pohon yang sdah tua atau sudah mati. dan perhatikan juga apakah pohon masih dipakai untuk sarang hewan-hewan liar.

kerajinan yang saya maksud unik dalam suatu kerajinan adalah bahwa kerajinan itu bisa dibuat dengan mudah dan kita tidak pernah melihat kerajinan itu memiliki tampilan yang kita jarang lihat sebelumnya. dalam segi keunikan kerajinan tangan berarti juga mencakup nilai seni didalamnya. nilai seni memberi nilai tambahan untuk kerajinan dari limbah kayu. kerajinan dari limbah kayu masih sedikit yang membuatnya, mungkin anda setelah membaca artikel saya bisa memulai dan membuat kerajinan dari limbah kayu yang berseni dan memiliki harga jual.

kerajinan dari limbah kayu yang akan saya jelaskan didalam artikel ini memiliki keunikan tersendiri dan menurut saya patut kita coba dan bisa saja anda bisa membuat kerajinan dari limbah kayu yang lebih bagus, lebih unik, dan menguntungkan.

10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Sebelum saya mulai menjelaskan 10 kerajinan dari limbah kayu yang unik, saya ingatkan bahwa kerajinan-kerajinan dibawah ini bisa kita tiru dan beberapa mungkin terlalu sulit untuk kita coba karena membutuhkan keahlian dalam bidang seni. kerajianan tangan yang bagus memiliki dua faktor yaitu bermanfaat dan memiliki nilai seni. salah satu faktor itu bisa anda penuhi maka anda sudah menciptakan kerajinan tangan yang baik bagus.

1.Rumah Burung
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

dengan limbah kayu yang tak terpakai bisa kita buat menjadi rumah burung liar seperti gambar diatas, dengan begitu akan ada banyak burung liar yang hinggap kerumah burung buatan untuk berteduh atau untuk sarang dan bertelur didalamnya. bila anda pecinta binatang maka tidak ada salahnya mencoba membuat rumah burung dari kayu yang kia manfaatkan dari sisa-sisa pohon yang sudah mati. tentu desain diata bisa anda contoh namun tentu saja tidak harus mirip dengan gambar diatas. kita bisa juga membuat sarang untuk tupai. dengan membuat lubang pada pohon dan memberi ruang dibagian dalamnya. tentu masih ada banyak cara membuat sarang untuk hewan-hewan liar dengan memanfaatkan limbah kayu yang berserakan. untuk sentuhan terakhir anda bisa juga memberi cat pada rumah burung atau kerajinan dari limbah kayu yang anda buat.

2.Hiasan Dinding
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Kerajinan unik ini bisa dicontoh dan dibentuk menjadi bentuk yang lain selain bentuk bintang. misalnya bentuk lingkaran segi enam  dan lain lain. dengan modal lem kayu dan amplas untuk membuat permukaan kayu menjadi halus. susunan diatas berbentuk lingkaran, namun seperti yang anda bayangkan tentu kita bisa membuat pola yang berbeda, bagaimana kalo kita buat kebalikanya dari gambar diatas. dengan bintang kecil yang anda susun dan berpola menjadi lingkaran, atau anda bisa buat kerajinan diatas menajadi siluet hewan atau tokoh terkenal. tentu tidak mudah namun setidaknya memberi keunikan tersendiri dari kerajinan yang anda buat. anda bisa buat kerajinan dari limbah kayu diatas dan untuk menghias rumah anda sendiri atau menawarkan jasa untuk membuatkan kerajinan dari limbah kayu diatas dengan harga yang pantas.

3.Ukiran Batang Pohon
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Dengan ukiran sedikit dan tambahan cat untuk memberi warna maka jadilah seni ukiran wajah pada batang pohon. kreasi unik diatas bisa anda contoh dengan batang pohon yang sudah mati atau yang masih hidup dan anda bisa menemukannya di hutan. kerajinan dari limbah kayu diatas unik dan kreatif sekali, memanfaatkan kayu yang kulit mengelupas atau membuat sendiri dengan memanfaatkan kayu gelondongan yang terbengkalai. bila anda memiliki kemampuan melukis maka kerajinan dari limbah kayu diatas bisa anda contoh. tidak terbatasnya dengan gambaran muka orang tua, tentu anda bisa membuat gambaran atau sketsa wajah orang lain atau karakter-karakter terkenal lainnya.

4.Ayunan
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik


Kerajinan kayu diatas cocok untuk dipasang ditaman rumah untuk bersantai atau bermain anak-anak. untuk bahannya boleh dengan kayu yanng lebih kuat agar bisa menompang beban dua orang atau lebih dan penggunaan rantai besi atau tali tambang agar semakin kuat. memanfatkan limbah kayu yang setidaknya lebih kuat agar mampu menompang beban dua orang. ayunan yang terbuat dari limbah kayu sangat jarang anda temui, meski kelemahan kerajinan dari limbah kayu adalah mudah rusak, jadi kita harus jeli dan tahu mana limbah kayu yang cocok dan bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan.


5.Pinguin Kayu
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik


untuk kerajinan diatas tidak membutuhkan kemampuan mengukir kayu yang tinggi. dengan tambahan cat hitam, putih, dan biru anda bisa membuat segerombolan pinguin yang lucu-lucu. kerajinan dari limbah kayu diatas tentu menjadi favorit anak-anak. bila anda bisa menguasai cara pembuatan kerajinan dari limbah kayu diatas, anda bisa mengjari anak-anak cara membuat kerajinan dari limbah kayu diatas, tentu akan mengasyikan dan melatih kemampuan anak-anak cara membuat kerajinan dan melatih ke kreatifitasan mereka. ke kreatifitasan anak-anak tidak hanya sebatas menggambar, tentu kita bantu dengan cara membuat kerajinan dari limbah kayu diatas akan meningkatkan kemampuannya sejak dini.
Baca juga Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas
6.Kuda Kayu
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

limbah kayu bisa diolah menjadi kerajinan seperti gambar diatas, kuda kayu yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang direkatkan satu sama lain. kerajinan diatas bisa anda jumpai dikota jogja disekitaran jalan ring road selatan, disana banyak pengrajin kayu dan membuat kreasi binatang lain seperti singa, kuda dan burung. memanfaatkan potongan-potongan limbah kayu tentu tak semudah yang anda bayangkan, pertama anda harus belajar struktur dan anatomi tubuh hewan yang akan anda ingin buat menjadi kerajinan dari limbah kayu. bila anda sudah mengerti struktur dan anatomi tubuh hewan tersebut baru anda mulai mencari limbah kayu yang cocok untuk membuat kerajinan dari limbah kayu seperti diatas.

7.Ikan Lele
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Limbah kayu bisa anda buat dan dibentuk menjadi kerajinan diatas, dengan tambahan kawat menjadi kumis patung ikan lele. kreasi unik dan lucu ini bisa dijual dengan cara menambah nilai seninya. untuk kerajinan dari limbah kayu diatas perlu keahlian tersendiri dan menggunakan limbah kayu yang mudah diukir. tentu tidak hanya ikan lele yang bisa anda buat, masih ada banyak ikan lain yang bisa dibuat, memang yang paling mudah ikan lele yang tidak memiliki sisik. kerajina dari limbah kayu diatas dibilang unik karena berbentuk hewan dan kita bisa membuat hewan-hewan lainya.

8.Ikan Mas Koki
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Ukiran kayu ikan mas koki jugalah unik. bisa dijadikan hiasan untuk ruang tamu atau digantung di langit-langit rumah anda. dan agar semakin mengkilap bisa anda cat dengan kayu agar tidak cepat rusak juga. untuk pembuatan kerajinan dari limbah kayu diatas lebih sulit dari pada kelihatanya. bisa anda lihat kerajinan dari limbah kayu diatas terbuat dari kayu gelondongan dan di dipotong lalu diukir menjadi kerajinan tangan seperti diatas. tentu prosesnya sangat rumit dan sulit. namun anda bisa menirunya tanpa menggunakan kayu gelondongan, dengan batok kelapa contohnya, lalu anda tambahkan sirip dan mata dari potongan kayu lainya.

9.Kucing Kayu
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

Jika anda pecinta kuncing maka kerajinan diatas cocok untuk anda dan juga bisa dipanjang dirak lemari atau di meja tamu. selain lucu kucing termasuk hewan yang banyak digemari dan dengan kerajinan kau seperti diatas akan memiliki nilai jual yang tinggi. patung kucing yang kadang dipajang ditoko-toko dipercaya membawa keberuntungan. pada jaman dahulu kucing sering kali menjadi hewan sakral dan dilindungi pada penganut kepercayaan terntentu. kucing memiliki banyak jenis dan banyak sekali yang memilih peliharaan kucing dari pada anjing. banyak yang mengira kucing itu selalu bermusuhan dengan kucing namun itu hanya berlaku pada kucing liar dan anjing liar karena berebut teritorial dan tempat berburu.

10.Patung Singa
10 Kerajinan dari limbah kayu yang Unik

patung singa diatas terbuat dari kayu rosewood dan diukir dengan sedimikian rupa dan menjadi patung singa terbesar didunia. Patung singa ini bisa ditemukan di tinongkok dan dikerjakan selama tiga tahun lamanya. singa sering sekali disebut sebagai raja hutan di alam liar, dan singa pejantalah yang hanya memiliki surai, sedangkan yang betina tidak memiliki surai sama sekali. dalam cerita anak-anak singa selalu digambarkan sebagai tokoh pemimpin dan bijaksana.
Baca Juga: 10 Kerajinan Limbah Paling Unik dan Mudah Dibuat
untuk artikel saya kali ini saya tambahkan video untuk menambah referensi anda dalam mencari kerajinan dari limbah kayu yang unik, seperti yang saya katakan kerajinan dari limbah kayu banyak sekali dan bisa menjadi apa saja tergantung ke kreatifitasan kita. silahkan simak video dibawah ini.


Semoga video diatas menambah wawasan anda tentang kerajinan dari limbah kayu dan membantu anda dalam mencoba membuat beberapa kerajinan dari limbah kayu yang unik, terimakasih sudah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya. sekian dari saya dan selamat mencoba.