Ternyata Suku Maori Juga Ada Yang Beragama Islam



Ternyata Suku Maori Juga Ada Yang Beragama Islam

Suku Maori merupakan suku asli di Selandia Baru. Bangsa Maori kini telah bersama-sama keturunan Inggris dan suku bangsa lainnya hidup dengan damai membangun Selandia Baru yang modern dan maju dalam konsep keberagaman. Perkiraan jumlah penduduk Selandia Baru pada tahun 2016 ini ada sekitar 4,7 juta jiwa. Dari 4,7 juta jiwa total populasi penduduk Selandia Baru itu terdapat setidaknya 565.000 jiwa penduduk Maori. 

Kebanyakan masyarakat Maori masih tetap melaksanakan ritual kepercayaan lama yang dikenal “Tapu” dan “Mana”, selain itu banyak juga masyarakat Maori yang sudah beragama Kristen, bahkan ada yang memadukan Agama Kristen dan Kepercayaan Setempat, menjadi Agama Ringatu dan Ratana.

Agama Islam di Selandia Baru

Agama Islam di Selandia Baru dibawa oleh para imigran dari Asia Selatan dan juga negara di Eropa Timur, mereka mayoritas beraliran Sunni dan ada sebagian yang juga beraliran Syiah dan Ahmadiah. Kontak para imigran Muslim dan masyarakat Selandia Baru ini membawa pada pengaruh penyebaran Agama Islam di negeri Kiwi tersebut. Perlahan-lahan Islam mulai ramai dipelajari masyarakat Selandia Baru termasuk masyarakat Maori.

gambar: Islamic Center di Auckland Selandia Baru
 
Berdasarkan sensus tahun 2013 terdapat 1.2% pemeluk Agama Islam di Selandia baru, atau sekitar 50.000 jiwa, dan ternyata dari jumlah tersebut lebih kurang seribu jiwa diantaranya adalah masyarakat Maori.
Bahkan pada tahun 2008 telah dicetak Al Qur’an yang diterjemahkan kedalam bahasa Maori oleh Mr. Shakir Ahmad Munir. Dengan begini masyarakat Maori akan lebih mudah untuk mempelajari isi kitab suci Agama Islam tersebut.

Semoga saja, kedamaian beragama di Selandia Baru tetap terus berlangsung. Semoga masyarakat Islam di Selandia Baru dapat memberikan dampak positive bagi masyarakat Selandia Baru pada umumnya. Sehingga perlahan-lahan masyarakat Maori bisa mendapat informasi yang benar tentang Islam, dengan demikian diharapkan masyarakat Maori dan seluruh masyarakat Islam didunia dapat lebih erat dalam persaudaraan.

Seribu masyarakat Maori yang memeluk Islam saat ini memang bukan jumlah signifikan diantara 4,7 juta jiwa penduduk Selandia Baru sekarang, tetapi itu cukup membuktikan bahwa cahaya Islam bisa menyentuh hati siapa saja yang dapat merasakan keindahan sejati yang ada dalam Agama Islam.