10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing

10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing- Bila anda punya peliharaan kucing atau anjing dan ingin memanjakan peliharaan anda, anda bisa mencoba membuatkan rumah dari kardus untuk peliharaan anda agar peliharaan anda merasa nyaman dan aman dengan rumah dari kardus buatan sendiri. selain memberi kenyamanan untuk peliharaan anda, rumah dari kardus yang dipoles lebih cantik juga secara tidak langsung menghias ruangan anda. dengan tambah pernak pernik akan mempercantik rumah dari kardus anda.

rumah dari kardus memiliki kenikan tersendiri dan anda bisa membuatnya dengan mudah, tentu fungsi rumah kardus memiliki fungsi tersendiri, bisa untuk main anak-anak kecil atau untuk peliharaan kesayangan anda, rumah kardus beragam ukurannya, tergantung anda ingin membuat yang kecil atau besar, bisa untuk rumah burung atau rumah hewan kecil lainnya seperti hamster. tentu membuat rumah kardus untuk peliharaan anda akan membuat peliharaan anda lebih nyaman dan bahagia. memanjakan peliharaan juga akan menambah kepercayaan hewan peliharaan anda.

kerajinan tangan rumah dari kardus mudah dibuat dan anda bisa mencontoh gambar dibawah ini, rumah kardus yang dihias dengan pernak pernik yang terbuat dari kertas. dengan menggunting kertas yang berpola dan diwarnai anda bisa membuat hiasan yang sama cantiknya dengan gambar dibawah. rumah dari kardus dibawah cukup besar dan cocok untuk dimainkan bersama anak-anak.

Bila anda bisa menginovasi rumah dari kardus seperti gambar dibawah ini tentunya akan lebih bagus, anda bisa menambahkan cerobong asap atau menambahkan pintu yang bisa berfungsi buka tutup atau garasi untuk tambahan dan mainan mobil-mobilan dari kardus. inovasi-inovasi seperti itu yang akan membuat rumah dari kardus buatan anda sendiri lebih menarik.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing
Bahan kardus tentu mudah didapatkan, namun untuk ukuran yang lebih besar akan lebih susah dicari dari pada kardus-kardus ukuran sedang yang biasa untuk produk air mineral. untuk kardus lebih besar biasanya untuk alat elektronik yang berukuran besar seperti kulkas atau mesin cuci. dengan kardus yang berukuran lebih besar tentu saja anda bisa membuat rumah dari kardus yang berukuran besar dan cocok untuk mainan anak-anak

Setelah tahap-tahap cara membuat rumah dari kardus untuk kucing, saya sisipkan video cara membuat rumah dari kardus untuk anak-anak. ukuran rumah kardus dalam video tersebut besar sekali tinggi nya sekitar tinggi setengah dari orang dewasa. semoga dalam video tersebut memberi anda inspirasi dan membantu anda dalam cara membuat rumah dari kardus.

Bila anda tertarik dengan kerajinan tangan dari kardus anda bisa lihat di link 10 contoh kerajinan dari kardus yang mudah dibuat dan masih banyak sekali kerajinan tangan-kerajinan tangan yang bisa anda lihat di blog saya.

10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing

Sebelum kita memulai membahas cara membuat rumah dari kardus untuk peliharaan anda, pertama kita akan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan perkakas yang dibutuhkan. untuk kardus kita membutuhkan kardus ukuran besar seperti kardus bekas rokok yang biasa kita jumpai di pasar. kita bisa juga membeli kardus bekas di toko kelontong atau grosir.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:
1. Kardus Bekas
2. Cutter
3. Penggaris
4. Gunting
5. Pensil Warna
6. Kertas Polos
7. Lem
8. Selotip

Langkah Pertama
Pertama-tama mari kita siapkan kardus bekas dan mulai menggambar jendela dan lubang pintu dengan pensil yang kita siapkan, untuk model jendela boleh kotak boleh bundar sesuai selera anda. tentu pada bagian jendela bisa anda gambar dengan selera anda, tidak harus berbentuk kotak yang sangat main stream, bisa saja berbentuk lingkaran, atau berbentuk wajik dan sekop. tentu lebih unik dengan bentuk jendela yang tidak berbentuk kotak biasa. jendela yang dibentuk hati juga menari dan unik. dengan inovasi yang anda buat tentu akan mempercantik rumah dari kardus anda.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing
Langkah Kedua
setelah kita gambar kita lubangi kardus dengan cutter yang anda siapkan tadi. agar hasil bagus dan rapi perlahan-lahan saja memotongnya. dan lubangi juga bagian pintu yang sudah anda gambar tadi. untuk desain pintu tentu tidak hanya pintu persegi panjang yang membosankan tapi itu terserah anda ingin seperti apa. akan lebih menarik bila pintu dibentuk seperti gerbang atau seperti pintu bar pada jaman koboi juga menarik. anda bisa melihat referensi pintu-pintu yang bisa anda terapkan pada rumah kardus anda di google.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing
Langkah Ketiga
Sekarang kita akan mebuat bagian atap rumah dari kardus kita. ini cukup mudah, kita tinggal menyatukan tutup kardus bagian atas hingga berbentuk atap rumah dengan lem yang anda sediakan. atap rumah kardus ini mudah sekali dibuat, dan untuk inovasi pada bagian atap rumah bisa anda tambahkan cerobong asap atau loteng kecil yang terbuat dari potongan kardus yang dibentuk  segitiga siku-siku yang disatukan. mewarnai atap rumah tentu juga akan mempercantiknya. atau anda tambahan pernak-pernik seperti digambar pertama juga bisa.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing

Langkah Keempat
Setelah kita gambar segitiga untuk tutup kardus bagian samping. kita potong sesuai segitiga yang kita gambar tadi dan rekatkan dengan lem. sekarang kita sudah mendapatkan bentuk rumah dari kardus. dengan ini anda sudah mendapatkan gambar kesuluruhan, anda bisa menambahkan jendela kecil tepat di atap bagian samping agar seperti loteng bagian rumah tersebut. bisa dengan model jendela kotak yang dipisah dengan garis dan terbagi menjadi empat atau lingkaran yang dipisah dengan garis dan terbagi menjadi empat. 
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing
Langkah Kelima
Untuk merapikan tepi-tepi yang kita potong tadi, bisa kita selotip dengan selotip bening yang sudah kita siapkan tadi. kerapian sangat penting dalam pembuatan kerajinan tangan, dengan begitu anda bisa melihat kerajinan tangan  anda terlihat lebih bagus karena sangat rapi dalam perekatan lem atau selotip. rumah dari kardus yang baik selotip yang merekat tidak terlihat dan harus terlihat benar-benar rapi.

Baca juga 13 cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus dengan mudah

Langkah Keenam
dekor bagian Jendela yang kita buat tadi dengan gambaran anda sekreatif mungkin agar rumah dari kardus anda menjadi cantik. tentu dekor tidak hanya dengan gambaran yang simple seperti contoh gambar diawah, tentu anda bisa meminta teman anda yang pintar menggambar untuk menggambarkan desain yang unik atau bergambar tokoh kartun yang unik, bisa saja gambar dari hewan peliharaan anda. mempercantik rumah dari kardus tentu salah satu caranya dengan menggambar atau anda cat dengan cat air dengan warna yang bagus.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing


Langkah Ketujuh

gamabar bagian atap rumah, gambar secara bergelombang agar menyerupai genteng atap rumah. boleh anda gambar sesuai hati anda agar lebih kreatif dan memiliki pola yang berbeda. pola yang tegas atau anda ingin beri gambar tersendiri juga semakin bagus, tidak semua genting rumah berbentuk seperti awan begitu saja, banyak pola yang bisa anda coba, pola batik juga patut dicoba.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing

Langkah Kedelapan
Hias bagian pintu yang kita lubangi tadi dengan gambaran yang bagus atau kita boleh menuliskan nama hewan peliharaan kita. bisa anda beri nama atau pola yang cantik dan mudah digambar, anda menghias bagian depan rumah dengan pola bintang-bintang atau lingkaran-lingkaran yang anda warnai sudah cukup memberi kesan artistik. selain itu bila anda bisa membuat gerbang atau pintu ala koboi bisa anda sesuaikan tema yang cocok dengan pintu yang anda buat.
10 Cara Membuat Rumah dari Kardus untuk Kucing

Langkah Kesembilan
kita isi bagian dalam rumah dari kardus ini dengan busa atau bantalan kecil untuk tidur peliharaan anda, agar peliharaan anda merasa nyaman dengan rumah dari kardus buatan anda. bila rumah dari kardus anda sangat bagus namun peliharaan anda tidak nyaman, maka percuma anda membuat rumah dari kardus. maka dari itu kita juga memikirkan kenyamanan peliharaan anda, kucing suka mencakar-cakar maka ada kemungkinan bantalan yang anda siapkan cepat rusak, maka perlu diganti atau disipakan bahan yang tidak mudah rusak bila dicakar kucing.

rumah dari kardus tentu tidak harus seperti apa yang jelaskan diatas, tentu anda bisa membuat rumah dari kardus untuk anak-anak dan bukan hanya untuk hewan peliharaan, untuk membuat rumah dari kardus untuk anak-anak, dibutuhkan kardus yang berukuran cukup besar, bila anda memiliki tempat yang cukup luas didalam rumah anda tentu tidak menjadi masalah, namun bila rumah dari kardus terlalu besar dan memakan tempat didalam rumah, anda bisa membuatnya ditaman belakang rumah. akan tetapi rumah dari kardus akan cepat rusak bila ditaruh diluar dan terkena panas dan hujan. silhkan simak video dibawah ini untuk cara membuat rumah dari kardus untuk anak-anak.


tentu membuat rumah kardus berukuran besar bersama keluarga akan sangat mengasyikan dan anak anda bisa mendapatkan momen yang akan dia ingat hingga dewasa nanti. momen kebersamaan dalam membuat prakarya merupakan tahap dalam pertumbuhan anak-anak dan mengajari anak membuat kerajinan tangan juga salah satu cara mengajari anak melatih ke kreatifitasannya. 

dengan langkah terakhir tadi anda sudah berhasil membuat rumah dari kardus untuk peliharaan kesayangan anda. peliharaan anda akan merasa senang dan mengurangi stress peliharaan anda. semoga dengan cara-cara diatas membantu anda dalam membuat rumah dari kardus untuk peliharaan anda. sekian terimakasih.