10 Tempat Misterius Di Dunia



10 Tempat Misterius Di Dunia 


1.       Pulau Paskah
Pulau Paskah terletak di Polinesia ( Chili ). Pulau ini terletak di tengah-tengah Samudera Pasifik, kini menjadi objek wisata utama sebagai tempat misterius, sisa-sisa peradaban yang diperkirakan milik suku Rapanui (Moai). Yang misterius dari tempat ini karena memiliki karakteristik yang unik, dengan terisolasi ditengah lautan jauh dari daerah lain. Patung-patung yang ada di pulau Paskah masih belum bisa diketahui siapa yang membuatnya. Sebuah peradaban kuno yang hidup melampaui kecanggihan peradaban pada masa lalu.
Kini, berkat patung-patung misterius itu, pulau Paskah menjadi daya tarik bagi turis untuk berkunjung ke pulau itu.

sumber gambar gelut.com
2.       Silence Zone
Tempat ini berada di "Bolson de Mapimi," di antara Chihuaha negara bagian Meksiko, Coahuila dan Durango. Untuk lebih tepat, antara paralel 26 dan 28. permukaan ini diberi nama, silence zone, dengan dipercayai bahwa ada transmisi radioaktif. Fenomena ini terjadi karena selama 70-an tes rudal Athena diluncurkan dari pangkalan militer di dekat Green River, Utah, kemudian kehilangan kendali dan jatuh di daerah ini. Sebagai roket yang membawa unsur radioaktif, banyak pihak berpendapat bahwa kawasan itu tidak aman untuk didiami kembali dan kini kawasan tersebut menjadi tempat seperti dalam film-film horor. Sunyi.

sumber gambar hypertomb.com
3.       Jalan kematian
The Yungas Road, atau juga biasa disebut sebagai Death Road adalah rute dari sekitar 80 kilometer yang menghubungkan ibukota Bolivia, La Paz dengan wilayah Yungas, barat laut negara itu. Tempat ini mendapat reputasi yang menyedihkan yaitu tempat terjadinya kecelakaan paling besar didunia (sekitar 100 orang tewas per tahun). Jalan yang berbahaya ini dibangun pada tahun 1930 oleh budak Paraguay pada saat Perang Chaco. Kini telah dibuat jalur jalan baru untuk menggantikan jalan Yungas yang kini dihindari banyak pengendara untuk dilalui.

 sumber gambar wantdrivinglessons.com
4.       Centralia
Centralia adalah sebuah kota hantu di Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Menurut data sensus, pada tahun 1981 tempat ini memiliki sekitar seribu penduduk. Kota ini mulai ditinggalkan penghuninya paska terbakarnya tambang pada tahun 1962. Meskipun telah lama ternyata api masih aktif hidup membakar kawasan bawah tanah. Hingga para penduduk mengalami gangguan kesehatan terutama pernafasan. Setelah permasalahan menjadi semakin kritis, kota ini pun ditinggalkan dan berkesan menjadi kota hantu yang sunyi dan tidak sehat.

sumber gambar mentalfloss.com


5.        Reruntuhan Baalbek
Baalbek terletak di sebelah timur kota Beirut, Lebanon. Yang membuat kota peninggalan masa lampau ini menjadi misterius adalah bagaimana cara penduduk zaman dahulu memindahkan batu besar berukuran panjang 20 meter dengan berat hampir mencapai 2000 Ton untuk dijadikan halaman kota. Hingga kini para ilmuwan masih belum mengetahui bagaimana manusia masa lalu mampu membangun bangunan dengan konstruksi yang rumit.

sumber gambar uludagsozluk.com
6.        Stonehenge
Stonehenge adalah sebuah monumen yang terletak di Wiltshire County, Inggris, dekat kota Salisbury. Tempat diperkirakan dibangun pada zaman Neolitik dan diyakini menjadi bagian dari kompleks yang lebih besar, kini hanya sebagian yang tersisa. Lingkaran konsentris batu-batu besar ini kemungkinan menurut arkeolog dibangun untuk tujuan astronomi (untuk memprediksi musim), agama (sebagai sebuah kuil) atau pemakaman (sebagai monumen untuk orang mati). Hebatnya setiap sinar matahari melalui poros bangunan batu ini seolah menjadi kalender bagi masyarakat kuno. Tapi siapa yang membangunnya? Dan darimana pengetahuan tentang cara membangun Stonehenge dimulai masih menjadi misteri.

7.        Göbekli Tepe
Göbekli Tepe di Turki  adalah tempat perlindungan yang di atas pegunungan yang terletak 15 km sebelah timur laut dari kota Sanliurfa (sebelumnya Urfa / Edessa) di Turki tenggara dekat perbatasan Suriah. Situs ini merujuk kembali ke 15.000 tahun yang lalu ketika manusia terdahulu mulai mengenal konsep religi  ini membuat Göbekli  menjadi kuil tertua di dunia. Menurut arkeolog, kuil itu sengaja dikubur dan ditinggalkan selama 500 tahun. 

8.       Chavin
Chavin adalah situs arkeologi yang terletak di provinsi Huari, di departemen Ancash, Peru. Tempat ini, terletak di pertemuan Sungai Mosna Huacheksa dan sungai di daerah hulu Sungai Maranon, adalah pusat budaya Chavin. Para ahli mengatakan, monumen ini adalah paradigmatik ketika rekayasa dan konstruksi kapasitas memiliki budaya pra-Columbus. Huantar Chavin dianggap pusat kota paling penting di kawasan pegunungan. Situs ini juga menjadi salah satu bukti paling awal peradaban di Amerika.

9.       Coral Castle
Coral Castle, yang terletak di Florida, Amerika Serikat, adalah konstruksi misterius yang dilakukan oleh Edward Leedskalnin, seorang imigran dari Latvia. Legenda mengatakan bahwa bangunan aneh ini dibangun dengan tangannya sendiri dan menggunakan seni arsitektur yang misterius. Leedskalnin bekerja sendirian dan selalu di malam hari. Untuk membangun karyanya ia menarik dan memahat sekitar 1.000.000 kg batu karang. Tujuan pembuatan bangunan ini masih misteri sampai sekarang.

10.   Craco
Craco adalah sebuah kota Italia, yang terletak di provinsi Matera, Basilicata. Tempat ini ditinggalkan pada tahun 1975 setelah beberapa kali gempa bumi menghancurkan sebagian besar bangunan. Yang tersisa saat ini adalah pemandangan suram di mana Anda dapat melihat rumah-rumah dan bangunan khas setiap kota benar-benar ditinggalkan. Dari kaki bukit, pemandangan Craco menyerupai sebuah kota hantu.