Apakah Harimau Atau Singa Makan Kucing?



Apakah Harimau Atau Singa Makan Kucing?

Singa atau harimau merupakan pemangsa nomer satu dialam liar, sehingga disebut sebagai Sang Raja Hutan. Singa, Harimau, Kucing Hutan dan Kucing masih tergolong kedalam satu kelas namun keempatnya memiliki habitat masing-masing. 

Dengan sikap dan fisik yang sama baik itu harimau dan kucing namun mereka memiliki ukuran fisik yang berbeda sehingga kedua carnivora inipun memiliki mangsa masing-masing sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

Karena kemiripan diantara harimau dan kucing maka timbul pertanyaan, bagaimana ketika kucing dan harimau bertemu, apakah kucing akan memakan harimau yang secara ukuran jauh lebih kecil darinya.

sumber gambar http://7-themes.com
 
Beberapa percobaan tentang pertemuan antara kedua hewan ini memang menarik perhatian, untuk itu kita harus melihat beberapa fakta yang ada:

1.        Hewan carnivora biasanya tidak saling memakan, tetapi mereka bisa saling membunuh
2.       Kucing tidak pernah makan kucing tetapi sering kita jumpai kucing jantan akan memakan anak kucing yang masih bayi

Nah dari kedua fakta diatas kita akan menyesuaikan dengan kasus apakah singa makan kucing? Jawabannya beragam,

1.       Jika harimau tidak cukup makan, biasanya naluri membunuhnya akan sangat tinggi sehingga ia akan memakan apa saja yang menurutnya bisa dikalahkannya (termasuk dalam beberapa kasus memakan gajah dan manusia)
2.       Biasanya hewan yang sejenis akan saling becanda layaknya sedang berkelahi ini untuk menunjukkan bahwa mereka adalah hewan sejenis dan memiliki kekuatan yang sama. Masalahnya jika kucing dan harimau becanda karena merasa sejenis, maka bisa saja becandaan ini berujung maut bagi kucing yang secara tenaga jauh dibawah harimau.
3.       Hewan karnivora umumnya hanya tertarik untuk makan hewan yang herbivora, namun ingat kembali hukum pertama, jika harimau lapar ia akan memangsa apa saja yang ada didekatnya.

Jika terjadi kasus harimau atau singa makan kucing kita perlu mengingat kejadian kucing jantan yang makan anak kucing yang masih bayi. Agaknya harimau atau singa itu melihat kucing kecil itu persis seperti anak kucing jantan melihat bayi kucing. 

Jika singa atau harimau itu betina biasanya naluri betina lebih kepada berdamai dengan hewan yang sejenis dengannya yang ukurannya jauh darinya, ini sifat alami seorang betina. 

Jadi bisa disimpulkan bahwa sebenarnya harimau atau singa tidak akan menganggap kucing sebagai menu utamanya kalau diibaratkan hanya sebagai cemilan ketika ia memakannya, tetapi ia tidak akan melakukan hal tersebut apabila ia memiliki makanan yang cukup. Karena bagaimanapun naluri singa atau harimau tetaplah sebagai hewan liar yang merupakan predator terganas di hutan.

Intinya jangan coba-coba meletakkan kucing dan harimau didalam satu kandang kecuali dapat dipastikan bahwa harimau itu cukup makan, maka ia tidak akan tertarik dengan kucing, lain ceritanya jika harimau itu diletakkan satu kandang dengan kambing, maka tetap akan berakhir naas bagi kambing itu karena hewan herbivora merupakan menu utama yang tak dapat ditawar-tawar bagi harimau.