Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya - manusia dalam sehari mampu menghasilkan banyak sampah dan banyak juga yang menghasilkan barang bekas. namun perlu diketahui masih banyak yang tidak bisa melihat bahwa barang bekas atau sampah anorganik bisa dibuat menjadi kerajinan tangan atau kreasi barang yang unik dan apa bila barang bekas ditangan seniman bisa diubah menjadi seni atau kerajinan tangan yang bagus. Kita tidak perlu menjadi seniman untuk menciptakan kerajinan dari barang bekas. bedanya kita dari seniman adalah pengalaman dan ilmu membuat material dimana mata kita tidak tertarik menjadi kerajinan bernilai seni tinggi. Kita tidak menarget barang bekas kita menjadi nilai seni yang tinggi namun memiliki nilai fungsi. Nilai fungsi yang saya maksud adalah kerajinan dari barang bekas kita berfungsi dan bisa kita manfaatkan dalam keseharian kita.

Untuk bentuk rupa kerjainan kita tidak perlu yang berseni namun memiliki bentuk yang unik dan lucu sudah cukup. banyak sekali bentuk-bentuk lucu yang bisa kita contoh, seperti bentuk hewan yang lucu atau bentu tokoh kartun favorit anak-anak. dalam membuatk kerajinan ad yang perlu kita perhatikan, yaitu material yang aka dipakai. barang bekas yang sering kita jumpa dalam sehari-hari adalah kardus, botol plastik, kaleng bekas, dan sebagainya. untuk membuat kerajinan yang mudah dibentuk adalah berbahan dari kardus bekas. kardus bekas yang bersifat lunak dan mudah dipotong. Dalam cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya ada bahan yang akan selalu dibutuhkan seperti contoh yaitu lem dan cat. lem membantu merekatkan dan cat untuk memberi nilai seni pada kerajinan tangan anda.

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya akan saya bahas dengan langkah dan sedikit instruksi yang jelas, barang bekas ada banyak jenisnya dan beberapa tidak bernilai namun bisa kita buat menjadi kerajinan yang bernilai dan anda bisa mencobanya dirumah. kerajinan tangan dari barang bekas memiliki keunikan tersendiri karena kita sendiri tidak akan menyangka bahwa barang-barang yang sering anda lihat bisa diubah menjadi kerajinan tertentu. seperti contoh gambar dibawah ini, dengan menggunakan balon dan kertas karton yang direkatkan, anda bisa membuat kerajinan tangan yang lucu ini. untuk contoh kerajinan dibawah ini adalah contoh mudahnya saja, dan masih ada contoh-contoh kerajinan yang lain. kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya bisa anda simak setelah ini.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya

Kemungkinan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas tidaklah terbatas, dan anda bisa membuat banyak  kerjinan yang unik seperti gambar diatas. bermodalkan balon dan kertas untuk membuat kerajinan seperti diatas. Sebelum saya mulai membahas cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya kita akan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan alat-alat yang akan membantu anda dalam cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Kita akan membutuhkan kardus bekas, kaleng bekas, dan botol plastik bekas. lalu alat-alat yang kita butuhkan adalah lem, gunting, dan cat bila diperlukan. Cat agar memberi nilai seni pada kerajinan tangan dari barang bekas anda dan kesan warna yang berbeda sehingga memuat kerajinan dari barang bekas anda lebih unik. semakin kreatif anda maka anda tidak akan kesulitan membuat kerajinan yang unik dan inovatif. meski anda baru pertama kali mencoba kerajinan-kerajinand dibawah ini akan mudah sekali anda coba dirumah atau anda buat bersama-sama teman anda.
Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Yang Mudah Dan Unik
Sebelum saya mulai membahas cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya saya akan menjelaskan kerajinan-kerajinan apasaja yang memiliki nilai fungsi atau nilai seni. kerajinan yang memiliki nilai fungsi adalah kerajinan yang dibuat untuk tujuan tertentu dan berfungsi untuk kebutuhan anda  seperti contoh anda bisa mengubah botol plastik mejadi pot tanaman, maka nilai fungsi dari kerajinan botol bekas yang diubah menjadi pot tersebut adalah menjadi pot tanaman. namun akan membosankan bila hanya membuat kerajinan tangan yang hanya memiliki nilai fungsi saja, tentu anda bisa membuat kerajiann tangan yang memiliki nilai fungsi dan nilai seni. jadi setelah anda bisa membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai fungsi anda tinggal memikirkan bagaimana kerajinan ini bisa anda buat menjadi lebih menarik. dengan begitu anda akan semakin kreatif dalam menciptakan kerajinan-kerajinan yang semakin bagus. 

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya

1. Tempat Perkakas dari Botol Pemutih
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya

Pembuatan Kerajinan ini sangat sederhana, anda hanya perlu sebuah botol pemutih bekas. dengan membersihkan botol terdahulu lalu potong botol mirip dengan contoh diatas, lalu siapkan kain bekas untuk melapisi bagian dalam botol dan beri lem agar merekat. Beri sekat dalam botol dengan potong kertas karton atau kardus sebagai penyekat. Agar tempat perkakas lebih menarik, beri cat warna dan cat botol anda dengan warna yang anda suka atau gambar tempat perkakas anda dengan hewan-hewan yang lucu atau tokoh kartun yang lucu, Beri kesan yang unik pada kerajinan anda. dengan kesan unik dan orisinil akan membuat kerajinan anda memiliki nilai seni yang tinggi. untuk contoh kerajinan diatas sangat kreatif, memanfaatkan botol pemutih pakaian yang sudah tidak terpakai. tentu anda bisa berinovasi sendiri dan bisa saja anda tidak perlu memakai botol pemutih bekas, mungkin anda bisa memanfaatkan botol deterjen bekas atau botol lain yang menurut anda bisa diolah menjadi kerajinan yang bermanfaat dan memiliki nilai seni tinggi.

2. Pot Tanaman dari Botol Bekas
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya
Pot tanaman tidak harus beli, kita bisa juga membuat pot tanaman yang lebih lucu dan unik dari pada yang sering dijual dipasar, contoh seperti gambar diatas. Pot tanaman dari botol plastik bekas bisa buat dengan mudah dan kita bisa membuat nya menjadi sangat unik dan lucu. Pertama siapkan botol plastik yang akan dipakai menjadi kerajinan tangan. Setelah itu potong botol plastik bekas menjadi dua bagian dan kita sudah mendpatkan bagian bawah botol yang siap kita hias menjadi bentuk yang unik dan lucu. Contoh diatas menggunakan gambar yang dipotong lalu ditempelkan pada botol plastik yang sudah dipotong. Kita juga bisa menghias boto plastik dengan cara mengecat botol plastik dengan cat warna. contoh kerajinan sangat unik dan lucu, bisa anda lihat kerajinan diatas memiliki kedua nilai, yaitu berfungsi sebagai tanaman dan dihiasi dengan karakter-karakter yang lucu  seperti gambar kelinci dan beruang. ide diatas sudah unik dan anda jarang melihatnya juga. anda bisa meniru kerajinan diatas dan membuat kerajinan yang lebih unik dengan menginovasinya sendiri.


3. Miniatur Kereta Dari Kaleng Bir
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Beserta Gambarnya

Kerajinan dari barang bekas ini sangat unik dan hanya bermodalkan dari kaleng bekas, boleh itu kaleng minuman jenis apapun. Contoh diatas menggunakan kaleng bir yang memiliki motif yang menarik dan secara tidak langsung mempercantik kerajinan tangan nya. Bila anda ingin memberi warna tersendiri juga merupakan ide yang sangat bagus dan pembuatan kerjainan ini cukup rumit, namun dengan sedikit kreatitifitasan anda mungkin contoh kerajinan diatas akan mudah dibuat. kerajinan diatas tidak memiliki nilai fungsi namun sangat cocok untuk menghias rak buku anda. kerajinan diatas akan diminati orang dan bisa saja anda menguasai cara pembuatanya lalu anda menjualnya pada kolektor dengan harga sepantasnya. tentu semakin anda rapi membuat kerajinan tangan semakin memuaskan hasil yang anda buat. dengan begitu kemampuan anda membuat kerajinan tangan akan semakin tinggi.

4. Lampu Tidur dari Botol Kaca

Ide kerajinan ini sangat unik, dengan bermodalkan botol kaca bening dan lampu hias, anda bisa membuat lampu tidur unik seperti contoh gambar kerajinan tangan dari barang bekas diatas. Contoh gambar kerajinan tangan dari barang bekas  diatas menggunakan kayu yang menyerupai hewan rusa sebagai tempat untuk menahan botol kaca yang sudah di isi dengan lampu hias. Kerajinan diatas sangat bagus dan cocok dijual dengan harga yang pantas. kerajinan diatas mudah dibuat namun perlu kerapian dan ketelitian agar hasilnya sama bagusnya dengan contoh gambar kerajinan dari barang bekas diatas, selain itu anda bisa membuat inovasi agar anda bisa membuat kerajinan yang lebih bagus dari pada kerajinan tangan diatas, seperti contoh anda bisa membuat bentuk lain selain bentuk hewan rusa, ada banyak hewan lainnya yang memiliki tanduk, seperti banteng atau kambing gunung yang memiliki tanduk melingkar-lingkar. bila anda sering mengolah kayu, maka kerajinan diatas mudah dibuat dengan pengalaman anda selama mengolah kayu.

5. Jam Dari Kardus

Jam kardus ini bisa berfungsi layaknya jam biasa bila kita menambahkan mesin jam dibelakangnya, satu kelemahan jam kardus ini adalah daya tahan nya, berbeda dengan jam biasa yang terbuat dari plastik yang lebih kuat,sedangkan jam kardus ini unik namun mudah rusak bila tidak berhati-hati. contoh gambar kerajinan tangan dari barang bekas diatas memiliki kedua nilai dan tentu anda bisa menempatkanya di atas meja untuk menghias meja anda. bila anda bisa melukis, anda bisa membuat kerajinan diatas dengan warna-warna yang lebih menarik. dengan menginovasi kerajinan diatas, anda akan membuat kerajinan yang lebih unik dan bagus dari pada contoh gambar kerajinan tangan dari barang bekas diatas. kardus bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang lain dan tidak kalah uniknya dengan contoh gambar kerajinan dari barang bekas diatas. bila anda sering kali membuat kerajinan dari kardus, kerajinan diatas tentu bukan masalah bagi anda, dan belum familiar dengan kerajiann tangan dari kardus anda bisa mencoba sedikit demi sedikit untuk melatih kemampuan anda. 

Masih banyak contoh lain dan beberapa kerajinan dari barnag bekas mudah dibuat, namun semakin sulit kerajinan semakin memuaskan hasilnya. ada beberapa kerajinan yang ita buat dan bisa kita mnfaatkan sehari hari, maka dari itu saya sisipkan video dibawah ini untuk anda simak. semoga dengan tambaha video ini, akan memberi anda motivasi dan inspirasi dalam cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambaranya. atau mungkin apa yang anda cari ada didalam video ini. silahkan simak video dibawah ini.

Dalam video diatas banyak cara membuat barang bekas menjadi kerajinan yang berguna untuk anda, semoga video diatas memberi ilmu yang cukup menarik untuk anda dan bisa anda coba praktikan dirumah. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya telah saya jelaskan semoga artikel ini membantu anda dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya dan bila anda berkenan silahkan share artikel saya kepada teman-teman anda untuk saling berbagi ilmu. sekian dari saya dan selamat mencoba.