Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas

Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas - kapal layar adalah kapal yang dipakai pada abad ke 19 dengan memanfaatkan daya dorong angin. konstruksi nya terbuat dari kayu dan menjadi tulang punggung pelayaran yang bersifat militer maupun sipil  pada masa itu. awalnya kapal layar juga digerakkan menggunakan tenaga manusia dengan cara didayung. penemuan tersebut ditemukan pada kapal viking yang memiliki layar dan juga digerak kan dengan cara didayung.

teman-teman pasti pernah melihat miniatur kapal yang terbuat dari kayu dan sering dijual di toko oleh2. kali ini miniatur kapal tidak hanya terbuat dari kayu saja tetapi bisa dibuat dari koran bekas. koran bekas mudah didapat dan tidak perlu biaya yang mahal. harga koran baru saja cuman gopek, apalagi koran bekas yang dijual buat bungkus tempe harganya cuman dua ribu. dari pada dibuang koran bekas bisa menjadi kerajinan yang unik dan menarik seperti miniatur kapal layar.

kapal layar dari koran bekas memiliki kesulitan yang cukup rumit tapi hasil jadinya memuaskan. banyak bentuk yang bisa dibuat untuk referensi. seperti kapal layar eropa yang memilik banyak layar atau yang lebih simple seperti kapal nelayan yang ukuran nya lebih kecil dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas

masih banyak sekali model kapal yang bisa untuk referensi selain dari gambar diatas. disini saya akan menjelaskan cara membuat miniatur kapal layar dari koran bekas. model kapal banyak yang memiliki keunikan tersendiri dan banyak yang mempunyai ciri-ciri tersendiri, Seperti contoh kapal eropa yang memiliki banyak layar dan lebih besar dari pada kapal biasanya, karena kapal-kapal eropa sangat kokoh dan diciptakan untuk expedisi selama berbulan-bulan atau  bertahun-tahun. Setelah jalur hasil ekspedisi terselesaikan maka dibuat jalur dagang antar benua, dan untuk kapal dagang juga dipersenjatai karena kapal dagang sering kali diincar oleh sekolompok bajak laut, untuk ukuran pada jaman dahulu, bajak laut memiliki banyak kelompok dan tidak segan membunuh secara brutal, dan dengan begitu banyak sekali legenda tentang bajak laut atau pelaut yang berani melawan bajak laut tersebut. untuk bangsa viking juga pernah berkeliaran sekitar eropa untuk mencari tanah yang subur dan bisa ditinggali untuk anak cucunya, mereka bereskpedisi menggunakan kapal viking yang lebih sederhana dari pada kapal layar yang lebih  besar dan rumit. Kemampyan orang nordik berlayar sangat lah bagus hingga mampu bersaing dengan kerajaan britania dalam mencari daratan baru pada jaman itu.
Baca juga: 10 kerajinan dari koran bekas

Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas

sebelum kita mulai membahas cara membuat miniatur kapal dari koran bekas, kita akan merencanakan cara pembuatanya terlebih dahulu, cara membuat miniatur kapal dari koran bekas membutuhkan koran bekas yang digulung dan disusun rapi menjadi rangka kapal yang akan kita buat, seperti kerajinan dari koran bekas lainnya yang saya tulis, menggunakan koran bekas yang kita gulung memanjang lalu disusun dan direkatkan menjadi suatu konstruksi. Untuk miniatur kapal layar yang akan dibuat saya hanya membuat model yang mudah dibuat seperti kapal bajak laut yang ukurannya kecil dan hanya menggunakan beberapa layar dan sirip pada bagian bawah untuk mengatur arah kapal layar. bila anda ingin membuat kapal layar yang lebih bagus, silahkan contoh beberapa model kapal layar yang memiliki struktur yang mudah ditiru. bila anda bisa meniru struktur kapal yang mudah dibuat mungkin anda bisa membuat miniatur kapal layar yang lain dengan mudah. kapal layar yang memiliki kedetailan yang rapi dan bagus layak dijual dan bisa memberi anda keuntungan.

Yang perlu kita perhatikan dalam cara membuat miniatur kapal layar dari koran bekas adalah, ukuran kapal yang akan dibuat, membangun kapal dengam batangan koran bekas yang dibuat dengan cara digulung maka kita juga perlu mengira-ngira ukuran kapal layar dan agar bisa pas dengan potongan yang lainya dan mempermudah kita saat menyusun hingga menjadi miniatur kapal layar.

Alat dan Bahan yang diperlukan:
  • Gunting untuk memotong koran sesuai ukuran
  • Penggaris agar mempermudah dalam mengukur panjang kapal yang akan kita buat
  • Lem kertas untuk merekatkan koran yang siap dipasang
  • Pensil untuk mempermudah melinting kertas menjadi bentuk tiang yang memanjang
  • Koran bekas boleh bekas boleh baru 
Pertama kita melinting kertas koran menjadi tiang dengan panjang 15cm. buat empat buah tiang dan lem ujung tiang lalu satukan keempat nya dan tekuk tengah nya. setelah itu kita potong kecil kecil kertas koran yang kita buat tiang untuk mengisi bagian bawah. untuk bagian ujung bisa diisi dengan potongan yang kecil tapi secara horizontal.

setelah bagian bawah terisi kita akan mengisi bagian samping kiri dengan cara yang sama dan bagian ujung nya kita isi dengan potongan secara horizontal. lakukan hal yang sama dengan bagian samping kanan. sebelum bagian atas kita isi kita pasang tiang kapal pada bagian tengah lalu kita isi bagian atas dengan potongan kecil lagi.

pada tahap ini bagian keseluruhan hampir jadi. kita akan membaut penyeimbang kapal pada samping kiri dan kanan agar lebih mirip dengan aslinya. kita siap kan empat buah tiang dan kita rekatkan hingga berbentuk persegi panjang dan kita tekuk ujung yang panjang agar lebih mirip. setelah itu kita rekatkan pada badan kapal.

untuk bagian terakhir kita potong kertas koran menjadi segita siku siku dan kita rekatkan pada tiang sebagai layar kapal. lalu kita tambah satu tiang yang panjangnya sama dengan alas segitiga siku siku yang kita buat tadi dan kita rekatkan bagian bawah layar. boleh juga ditambah pernak pernik pada badan kapal agar lebih menarik.
Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas

Diatas adalah hasil dari cara membuat miniatur kapal layar dari koran bekas, seperti yang anda lihat kapal layar terbuat dari potongan-potongan koran bekas yang digulung dan disusun rapi menjadi miniatur kapal layar,bila langkah-langkah saya dalam cara membuat miniatur kapal layar terlalu sulit diikuti, saya tambahkan video untuk menambah referensi anda tentang cara membuat miniatur kapal layar dari koran bekas. silahkan simak video dibawah ini.
Baca juga: Cara Membuat Miniatur Pesawat Dari Kardus Bekas

sekian dari penjelasan cara membuat miniatur kapal layar dari koran bekas, semoga artikel saya bermanfaat untuk anda dan bisa anda tiru langkah-langkah diatas dan bila anda semakin mahir membuatnya mungkin anda bisa berinovasi sendiri dan membuat miniatur kapal layar yang layak jual dan mendapatkan keuntungan. Terimakasih dan selamat mencoba.