13 Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bahan Kardus Dengan Mudah

13 Cara Membua Miniatur Rumah Dari Bahan Kardus Dengan Mudah - Miniatur rumah adalah suatu model berbentuk rumah. Umumnya digunakan untuk alat bantu tampilan sebagai marketing perumahan, rumah hewan untuk hamster, dan juga rumah mainan untuk anak-anak kecil. tidak hanya itu, miniatur rumah bisa jadi tugas-tugas prakarya dari sekolah
Disini kita akan membahas cara membeuat miniatur rumah dari kardus. Kardus adalah bahan yang murah dan mudah dicari. bisa dibeli dari tukang loak atau bisa dari kerdus bekas milik sendiri yang terbengkalai. memanfaatkan kardus yang terbuang menjadi barang yang lebih berguna dan menambah nilai jual barang tersebut
Kunci dalam membuat miniatur rumah adalah fokus pada detail dan rincian dari miniatur yang kita buat dan dibentuk semirip mungkin dengan desain yang kita pilih. bisa kita pilih dari desain rumah kita sendiri atau mencari contoh dari google image. siapkan perlengkapan kerajinan dan gunakan pedoman desain agar menjadi hasil maksimal
Miniatur Rumah Dari Kardus

Bahan dan Alat Pembuatan Miniatur Rumah:
  1. Kardus: Carilah kardus yang tidak terpakai dan pilih kardus yang ketebalannya cocok dengan miniatur rumah yang anda ingin buat
  2. Pisau Cutter: Gunakan pisau cutter yang tajam agar lebih mudah memotong kardus
  3. Penggaris : lebih bagus lagi gunakan penggaris siku
  4. Pensil : agar mudah dihapus bila ada kesalahan dalam menggambar
  5. Pengahpus : pilih penghapus yang berkualitas
  6. Plastik Trasnparan : untuk bagian jendela, boleh digunakan boleh tidak
  7. Lem kastol dan lem kayu.

    Setelah melengkapi seluruh peralatan tersebut dan bahan-bahan pembuatannya, kita lanjutkan tahap proses pembuatannya berikut ini.
    • Langkah pertama, Buat pola miniatur rumah dari kardus yang kita siapkan. cari desain rumah yang anda inginkan atau rumah sendiri bisa jadi referensi yang bagus karna sudah hafal  seluk beluknya, atau bisa cari di internet.
    • Sesudah mendapatkan desain rumah yang kita inginkan. Kita gambar desain yang kita siapkan tersebut pada papan kardus. gambar diusahakan terletak di tengah bagian kardus. Ukur panjang dan lebar setiap ruangan perbandingannya sama agar mempermudah dalam pemasangan bagian lainnya.
    • Beralih pada pembuatan dinding miniatur rumah. Sesuaikan panjang potongan kardus untuk setiap dinding agar sama dengan denah.
    • tinggi dinding disesuaikan dengan lebar denah yang kita gambar agak tidak terjadi ketimpangan bentuk antara luas rumah dengan tinggi rumah.
    • Ketika memotong kardus dinding rumah, usahakan mengguakan cutter yang tajam agar hasil potongan bagus dan tidak pelekatan antara bagian ruang agar nantinya lebih mudah.
    • Sesudah bahan yang digunakan sebagai dinding miniatur selesai terpotong, kita akan merekatkan semua bagian tersebut menjadi satu denah utuh untuk dindingnya. rekatkan dengan lem kayu yang sudah disediakan lalu oleskan pada setiap tepi kardus yang akan digabungkan.
    • Usahakan selalu memperhatikan kerapian dan ketelitian. Karena adanya pemasangan yang rapi dan benar, memberikan keseimbangan antar ruangan yang akan dibuat natinya.
    • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketelitian dan kerapihan. Karena dengan pemasangan yang benar dan juga rapi, akan memberikan keseimbangan antar ruangan yang diciptakan nantinya.
    • Sesudah bagian dinding merekat dengan baik, kita lanjut pada pembuatan pintu dan jendela pada miniatur rumah. pada tahap ini cukup sulit untuk dilakukan, apabila masih pemula. Namun jangan khawatir, tetap fokus dan berhati-hati dalam pembuatannya akan menghasilkan hasil yang baik
    • Pada jendela, Potong plastik transparan yang disediakan tadi. Ukur dan sesuaikan plastik dengan jendela yang ada pada dinding kardus miniatur rumah yang telah dibuat tadi.
    • Selanjutnya, rekatkan plastik pada jendela yang ada dengan hati-hati. dengan adnya plastik ini, akan membuat efek kaca untuk rumah miniatur terlihat nyata
    • Untuk pemasangan pintu miniatur. Potong kardus dan sesuaikan dengan ukuran pintu yang ada pada miniatur rumah tersebut
    • Oleskan lem kayu pada tepi kardus pada pintu, cukup hanya pada satu sisi aja. Agar nampak seperti pintu yang bisa dibuka dan tutup
    Cara Pembuatan Atap Miniatur Rumah
    pada tahap ini adalah tahap paling mudah meski masih pemula yang baru membuatnya. karean mirip seperti membuat buku yang unik dan terbalik dalam pembuatan efek gentingnya. Anda tinggal menggunakan bagian dalam kardus sebagai atap bagian luar, bila kita menggunakan kardus yang tebal, dibagian dalam kardus yang bergerigi cocok untuk membuat efek gentingnya. atau kita bisa menggunakan kertas tipis yang dilipat-lipat kecil dan ditmepelkan padalapisan atap rumah bagian luar tadi.

    Kita buat bagian atap rumah ini agar bisa dibuka dan tutup atau tidak permanen. Pada bagian ini kita sudah membuat karya seni rupa tiga dimensi sederhana berbentuk rumah dan berbahan dari kardus. Proses ini belum selesai karna kita akan menambahkan beberapa detail agar lebih menarik dan penambahan dekoarasi dan aksesoris untuk miniatur rumah anda.

    Baca Juga: 14 Cara Membuat Miniatur Vespa dari Kaleng, Kardus, Korek Gas

    Bila anda ingin melihat referensi lain cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus dengan mudah silahkan simak video dibawah ini. semoga video dibawah ini membantu anda dalam cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus dengan mudah. dalam video dibawah ini membuat miniatur rumah dengan sangat detail dan anda bisa mengetahui tips dan trik yang diperlukan dalam cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus yang mudah.

    13 cara membuat miniatur rumah dari bahan kardu dengan mudah saya sampaikan, memang agak sulit membua miniatur ruamh yang sangat detail, namun bila anda berhasil membuatnya maka hasilnya juga tidak mengecewakan. dengan berbahan kardus, miniatur rumah anda bisa anda bentuk sedemikiatn rupa dan bisa kiat buat serumit yang kita ingin kan. Semoga artikel cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus berguna bagi anda dan terimakasih sudah ammpir ke blog saya.