Kenapa Pengunjung Blog Bertambah Secara Mendadak?

Kenapa Pengunjung Blog Bertambah Secara Mendadak?

Sebagai seorang blogger tentulah kita berharap blog kita nangkring di pejwan mesin pencari google. Dengan begitu kita akan kebanjiran visitor. Itulah dambaan setiap blogger, pengunjung yang banyak, karena pengunjung yang banyak akan memberi impresi yang banyak pula, dari sekian banyak impresi itu kemudian akan ada yang meng-klik iklan, nah itu dia yang terpenting setiap pengunjung meng-klik iklan itu berarti rezeki tambahan bari si blogger.

Sobat blogger sekalian, namun ada masanya sepanjang hayat nge-blog kamu tentu akan mendapat kejutan berupa pengunjung blog yang tiba-tiba bertambah secara mendadak alias membludak. Bukannya girang yang dirasakan tapi malah ketakutan, takut-takut kalau blog kita sedang mengalami gangguan gak jelas dari para pendosa.


Ya.. itulah yang pernah saya rasakan juga. Dalam 1X24 jam blog kuat belajar ini diserbu pengunjung  dengan IP address Amerika Serikat. Kalau melihat dashboard statistik di blogger keliatan jelas bahwa pengunjung blog kuatbelajar ini sedang mengalami “pengunjung tak diharapkan” atau dalam istilah di lagu dangdut “tamu tak diundang”.

Setelah ane baca-baca dari blog-blog yang sudah berpengalaman dalam hal ini, kunjungan blog yang tiba-tiba melonjak ini istilahnya adalah “jingling”. Timbul pertanyaan kini apakah itu jingling?

Jingling adalah salah satu software curang yang konon berasal dari negeri tirai bambu cina. Ya.. terserah deh mau darimana juga, yang jelas Jingling ini memang suatu software untuk para blogger pecundang yang ingin mempunyai visitor yang banyak secara instant, padahal pengunjung yang didatangkan ke blog tujuan hanyalah fana alias bot (robot).


Nah masalahnya sekarang ane gak ada makai ini jingling kok tiba-tiba ane dapet pengunjung palsu juga? Yaah... jingling ini memang sudah umum digunakan untuk menjahili para blogger, biasanya blogger yang tidak teliti akan merasa girang dengan lonjakan pengunjung di blognya. Tapi bagi blogger yang teliti tentulah akan melihat titik kecurigaan itu, apalagi di statistik keliatan riwayat “situs perujuk” yang mencurigakan. Sobat blogger yang baik, biasanya pesaing blog kamu yang bermental pecundang akan menjigling blog kamu ketika ia merasa terancam oleh kemajuan blogmu. Karena menggunakan jigling itu relatif mudah, tinggal memasukkan URL sasaran, dan pengunjung palsu pun berdatangan ke blog sasaran. Mungkin kalau diibaratkan jigling ini seperti santet di dunia nyata, widih ngeri ya... ya begitulah, karena dampak jigling dalam beberapa kasus memang bisa membunuh blog.

Hal itu dikarenakan google curiga dengan aktivitas blog kita yang ramai pengunjung. Jadi google mengira kita telah menggunakan “boot” menyesatkan untuk mengakali statistik kita. Dengan demikian blog bisa saja di banned google... kalau sudah begini kita rugi besar sedangkan saingan kita tersenyum girang. Padahal sesama blogger untuk apa jugalah saling dengki seperti itu... “kita sama-sama cari makan bro, kalau kamu ada rezeki kamu makan, kalau aku ada rezeki aku yang makan.. lalu apa salahnya kalau kita makan sama-sama?”.

Kalau tidak sampai dibanned oleh google yang mengira kita menjigling blog kita sendiri biasanya. Pengunjung blog kita juga bisa menurun drastis, itu diakibatkan tingkat bounce rate blog kita tinggi. Ini dikarenakan pengunjung palsu ke blog kita itu hanya singgah satu atau tiga detik kemudian pergi ke alam “ghaib”, ini membuat google menganggap kalau artikel di blog kita itu tidak menarik, biasanya semakin kecil bounce rate maka semakin besar kemungkinan blog itu nangkring di pejwan mesin pencari. Intinya secara jujur kita harus berusaha membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita, maka reputasi blog kita juga meningkat di mata google, dan bounce rate kita rendah. Tapi kalau sudah kena jingling, tentulah blog kita mendadak mendapat bounce rate yang sangat tinggi sehingga kemungkinan besar reputasi bog menurun dan mengakibatkan pengunjung blog menurun drastis, bahkan ada yang sampai ke titik nol... widih amit-amit.

Tapi tenang mas bro... ada tips supaya blog kita tidak di jingling, bahkan saya menggunakan ini ketika sedang kena jingling dari “tamu tak diundang” tersebut.

1. Di dashboard blogger klik “setelan”
2. Lihat “perayapan dan pengindeksan”
3. Kemudian dibawahnya temukan “robots.txt khusus”, klik “edit”
4. Masukkan kode dibawah ini
*ganti alamat blog saya dengan URL blog sobat

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://www.kuatbelajar.top//feeds/posts/default?orderby=UPDATED

5. kemudian tekan save


Nah dengan demikian blog sobat sudah diberi tangkal dari kejamnya jingling. Tapi proses ini tidak langsung secepat kilat, yang penting sudah diberi tangkal maka blog sobat perlahan-lahan akan kembali pulih seperti sedia kala. 

Ohiya... bagi teman-teman yang yang bermental juara, jangan pernah menggunakan jingling, karena jingling hanya diperuntukkan untuk para pecundang. Dan buat yang ngejingling ane.. ane tau gan yang mana blog ente,,, tapi gak apa ane gak akan bales,,, ane cuman doain supaya ente mati ketabrak truk abis itu bangkai ente dimakan anjing... hehehe.... ya,,, kita saingan secara sehat lah bro... ane doain ente supaya cepat tobat ya.