10 Fakta Menarik Tentang Bumi

10 Fakta Menarik Tentang Bumi

Bumi adalah tempat tinggal kita bersama. Planet ini dianugerahkan dengan sistem penopang kehidupan bagi manusia yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Esa ini menyimpan berbagai macam hal-hal yang menarik untuk dikaji terus menerus. Untuk itu kali ini ane akan melampirkan 10 fakta menarik tentang Bumi. Semoga bermanfaat.

1. Lempeng Tektonik
Bumi merupakan satu-satunya planet yang berada di sistem tata surya dengan lempeng tektonik. Secara kasat mata pada permukaan bumi tidak terjadi perubahan drastis dalam rentang waktu 10.000 tahun, namun dalam waktu tersebut sebenarnya jauh didalam tanah telah terjadi pergeseran lempeng yang memberikan efek tertentu di sebagian kawasan bumi.

Jadi permukaan bumi yang seolah terlihat baik-baik saja itu seakan menutupi proses alam yang terjadi jauh didalam tanah tempat kita berdiri sekarang. Pergerakan lempeng tektonik ini tidak bisa di manipulasi manusia, intinya sehebat apapun kita mengubah permukaan bumi, tapi lempeng bumi tidak akan bisa kita rekayasa.


2. Bentuk Bumi Yang Memancing Perdebatan
Setidaknya ada tiga versi bentuk bumi, yaitu datar, bulat sempurna, dan oval. Nah menurut para scientific tidak bijak jika mengatakan bumi bulat seperti bola, karena sebenarnya kedua kutub bumi itu bentuknya lebih pipih, dengan demikian lebih bijak jika mengatakan bumi ini berbentuk bulat pipih atau oval.

Uniknya meskipun dunia telah mencapai teknologi yang sedemikian maju, tapi masih ada kaum yang menganggap bumi ini datar, seperti pandangan orang zaman dahulu yang belum mengenal sistem tata surya dengan baik. Sepertinya orang-orang yang berpandangan bumi datar itu tidak pernah punya “parabola” yang apabila piringannya digerakkan sedikit saja akan menampilkann channel yang berbeda.

3. Besi Merupakan Materi Terbesar Di Bumi
Bumi terdiri atas 32,1% besi, 30,1% oksigen, 15,1% silikon serta 13,9% magnesium. Dengan demikian tanpa kita sadari ternyata terdapat 32,1% besi di bumi sebagai materi paling penting di planet ini. Bahkan besi itu menjadi 88% materi jika kita masuk ke perut bumi.

Kita bisa membayangkan jika ada alien menginvasi bumi, maka penghasilan mereka akan merebut materi besi dibumi. Hehe jadi berkhayal deh.

4. 70%  Permukaan Bumi Adalah Air
Mas bro, ini fakta yang paling mudah ditemukan. Ya 70% permukaan bumi merupakan air. Jadi manusia hanya hidup di 30% area bumi yang terdiri dari struktur tanah diatas permukaan air. Dengan demikian sebenarnya selama ini jangankan mengeksplorasi luar angkasa, kita bahkan belum mengeksplorasi bumi kita sendiri. Baik itu daratan apalagi lautan yang teramat sangat luas dan masih menyimpan berbagai misteri.
5. Atmosfir Bumi Memanjang Sejauh 10.000 KM
Atmosfir bumi yang merupakan tameng alami bumi dari benturan terhadap objek asing diluar bumi memiliki luas sejauh hingga 10.000 Km. Lima lapisan utama atmosfir yaitu trotosfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer seolah menjadi pengatur kadar oksigen dan suhu di bumi.

6. Medan Magnet Di Bumi
Selain energi fisik yang tersedia secara berlimpah dibumi yang bisa dimanfaatkan untuk kelanjutan kehidupan manusia, juga terdapat medan magnet yang tak kasat mata. Dimana medan magnet ini mempunyai energi tak nampak yang saling berbauran dan berbenturan antara satu dengan yang lain.

Para ahli masih terus melakukan penelitian tentang medan magnet bumi, misalnya kenapa ada kawasan dengan medan magnet yang lebih tinggi dari kawasan lainnya. Beberapa ahli ada yang mempercayai bahwa medan magnet ini terbentuk akibat besi cair yang ada perut bumi. Namun penelitian lebih lanjut masih terus kita tunggu hasilnya.

7. Rotasi Bumi Sebenarnya Bukan 24 Jam
Secara umum memang kita menyebutkan bumi berotasi pada porosnya memakan waktu 24 jam dan kita sebut sebagai satu hari itu. Namun sebenarnya bumi berputar pada porosnya adalah 23 Jam, 56 menit dan 4 detik. Dengan demikian ada perbedaan waktu hampir 3 sampai empat menit sehari. Hal ini wajar, jika kamu melihat waktu shalat tiap hari yang berubah-ubah. Misal bulan ini maghrib jatuh pada jam 18:00 WIB bulan depan bisa jadi maghrib pada pukul 18:05 WIB.

Namun juga perlu diingat jalur peredaran atau orbit bumi terhadap matahari dalam menentukan perubahan waktu. Intinya bukan jam kita yang salah tetapi waktu memang seperti itu. Kegunaan jam sendiri berfungsi sebagai objek yang memudahkan kita menentukan waktu dalam satu hari, namun jam bukan objek hitung faktual jika dikaitkan dengan rotasi bumi, namun setidaknya jam yang kita gunakan saat ini diseluruh dunia dengan konsep 24 jam sehari, hampir mendekati kebenaran, memang sangat sulit menentukan angka pasti dalam hukum fisika modern, tetap ada pembulatan dan tetap mengenal istilah relatif atau relativitas.

8. Setahun Bukanlah 365 Hari
Iya, setahun bukanlah 365 melainkan 365,2564 hari. Kembali kita membulatkan bahwa setahun itu 365 hari untuk memudahkan penghitungan umum. Makanya jangan heran dalam kalau dalam jangka waktu setahun kita menambahkan satu hari pada bulan Februari untuk menutup kekurangan hari dalam tahun sebelumnya. Dengan demikian diharapkan kesalahan penghitungan waktu bumi dapat diminimalisir.

9. Asteroid Bumi Yang Dikenal Hanya Bulan
Secara umum kita memang mengetahui satu-satunya asteroid yang setia mengikuti bumi kemana saja adalah bulan. Namun pada kenyataannya ada dua asteroid misterius yang masih mengikuti bumi, namun tidak beredar secara sinkron seperti bulan. Kedua bulan ekstra ini disebut “3753 cruithne” dan “2002 AA29”.

3757 cruithne disebut juga bulan kedua bagi bumi, karena ia seolah mengikuti bumi, namun sebenarnya ia mengitari suatu objek lain yang belum dapat dijelaskan. Sedangkan 2002 AA29 mendekati bumi setiap 95 tahun sekali. Kedua objek ini yang agaknya selalu diseebut-sebut sebagai planet Nibiru oleh kaum pemerhari konspirasi, entahlah.

10. Bumi Merupakan Satu-Satunya Planet Yang Berpenghuni
Saat ini setau kita bumi merupakan satu-satunya planet di alam raya ini yang berpenghuni. Namun begitu spekulasi adanya kehidupan di Planet lain seperti Planet Mars dan Planet Jupiter masih menjadi bahan penelitian serius para ilmuwan. Mars bahkan dicurigai pernah ditempati makhluk hidup pada masa lampau. Namun memang perlu pembuktian lebih valid tentang apakah ada makhluk lain di alam raya nan luas ini.


Di bumi kita selalu mengaitkan soal air, udara dan cahaya matahari sebagai penopang kehidupan. Nah mungkin saja makhluk diluar sana memerlukan sumber kehidupan yang lain untuk terus hidup. Atau bisa saja misalnya kita di bumi hidup dipermukaan planet, tapi kalau mereka disana hidup dibawah tanah. Hehe... entahlah, pembahasan tentang hal ini memang selalu memancing rasa penasaran. Kita tunggu saja hasil penelitian para ilmuwan dalam waktu dekat ini.