14 Cara Membuat Miniatur Vespa dari Kaleng, Kardus, dan Korek Gas

Cara Membuat Miniatur Vespa dari Kaleng, Kardus, Korek Gas - Disini saya akan menjelaskan cara membuat miniatur vespa dari kaleng bekas. mengapa dari kaleng bekas? karena kaleng bekas mudah didapat dan dari pada dibuang lebih baik di olah menjadi kreasi yang kreatif dan bernilai. teman teman sendiri pasti sering beli minuman kaleng kan? dari pada dibuang lebih baik di daur ulang menjadi barang yang bernilai.Sampah kaleng menjadi salah satu sampah yang sulit terurai dan telah menyumbangkan 20% sampah yang dihasilkan indonesia setiap harinya. orang indonesia mengeluarkan sekitar 2200 ton sampah setiap harinya. dengan jumlah yang sebanyak itu setidaknya kita bisa membantu menguranginya dengan membuat miniatur vespa yang menggunakan dari kaleng bekas, kardus, korek gas dan lain-lain. dari sekian banyaknya kerajinan yang bisa dibuat dari kaleng bekas, miniatur vespa merupakan salah satu kerajinan yang diminiti banyak orang. Bentuk vespa yang unik dan banyak sekali komunitas pecinta vespa tersebar dipenjuru negeri, maka ada kemungkinan calon pembeli untuk membeli kerajinan miniatur vespa ini. miniatur vespa dari kaleng bekas tidak kalah dengan miniatur vespa yang dijual ditoko-toko, asasl pembuatanya bisa rapi dan pemotongan kulit kaleng dengan rapi maka kita bisa menciptakan miniatur vespa dari kalneg bekas yang bagus, dan untuk menambahkan nilai seni dalam miniatur vespa dari kaleng bekas kita bisa memberi cat warna dan mewarnai secara detail miniatur vespa. untuk model vespa juga sangat banyak dan bervariasi, kita bisa mencontoh salah satu model vespa yang unik.
14 Cara Membuat Miniatur Vespa dari Kaleng, Kardus, Korek Gas

kaleng-kalneg bekas minuman atau kaleng bekas dari makanan juga bisa menjadi bahan baku untuk membuat miniatur vespa yang bagus. orang yang kreatif bisa menciptakan barang-barang yang dimata orang tidak berguna atau berfikir bahwa barang tersebut hanya sampah. memang secara tidak langsung kita menghasilkan sampah dan umumnya kita menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak bernilai dan tidak terpikirkan bahwa bisa diolah kembali menjadi barang yang bernilai. sampah dibagikan menjadi dua jenis organik dan anorganik. kaleng bekas termasuk sampah anorganik dan tidak dapat diuraikan meski kita timbun beribu tahun lamanya. oleh karena itu satu-satunya cara adalah didaur ulang dengan dihancurkan dan dicetak ulang menjadi kaleng lagi. dengan sedikit bantuan teman-teman mendaur ulang kembali kaleng bekas dan mengurangi polusi. sebelum kita mulai membahas 14 cara membuat miniatur vespa dari kaleng, kardus, dan korek gas kita akan mencoba memulai merencanakan miniatur vespa yang akan kita buat, seperti modelnya seperti apa, sebessar apa, dan bentuk bodynya seperti apa. Ada banyak yang perlu direnceanakan, namun itu semua bisa anda skip mulai membuat dengan model yang sederhana. Sebelum kita mulai membuat miniatur vespa dari kaleng bekas kita akan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
Alat-alat dan bahan yang diperlukan:
  • Cutter.
  • Gunting.
  • Penggaris.
  • Tang.
  • Pensil.
  • Cat Semprot.
  • Lem.
Bahan:
  • Kaleng Bekas coca cola atau merk lain
Baca Juga: Cara Membuat Miniatur Kapal Layar dari Koran Bekas

    Cara Membuat Miniatur Vespa dari Kaleng, Kardus, Korek Gas

    Pertama, ambil kaleng yang sudah disiapkan lalu potong menjadi tiga buah bagian. dipotong pada bagian bawah kaleng dan bagian atas kaleng.
    Setelah menjadi tiga bagian. kita potong lagi menjadi 2 bagian lingkaran dari tiga bagian tadi.
    dengan 2 bagian lingkaran dan 1lembar. kita potong 1 lembar yang besar tadi menjadi satu persegi panjang yang besar nya dikira kira sama dengan dua lingkaran tadi.
    pada langkah ini kita mulai merangkai bagian-bagian tadi menjadi body vespa. pertama kita potong satu lingkaran tadi menjadi dua. setelah itu kita tekuk  bagian persegi panjang tadi dan kita tempelkan kedua sisinya dengan lem pada bagian lingkaran yang kita potong menjadi dua tadi.
    Baca juga: 13 Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bahan Kardus Dengan Mudah
    setelah jadi bagian jok untuk vespa tadi kita tambahkan dengan potongan kaleng yang lebih besar dan panjang untuk body bagian depan.

    langkah selanjutnya kita akan membuat slebor depan vespa. trik nya sama dengan langkah kita membuat bagian jok belakang tadi tetapi dengan ukuran lebih kecil.

    setelah itu kita sambungkan pada bagian depan dan direkatkan dengan lem. kita pasang pembuka tutup kaleng tadi menjadi jok vespa.

    pada bagian ini kita sudah berhasil membuat keseluruhan bagian vespa dan kita akan menambahkan stang,lampu depan dan roda depan belakang.

    untuk stang vespa kita bisa memotong tutup pembuka kaleng menjadi dua dan kita tekuk hingga serupa dengan stang vespa, dan untuk lampu depan kita cukup dengan memotong sebagian kecil kaleng dan dibentuk menjadi tabung dan kita tempelkan di bagian depan vespa miniatur. setelah itu kita buat bagian roda nya dengan memotong bagian kaleng menjadi dua lingkaran dan dibelah masing masing menjadi dua. potong bagian kaleng menjadi persegi panjang dengan ukuran sama dengan diameter yang sama dengan setengah lingkaran tadi dan rekatkan menjadi setengah tabung dan rekatkan lagi di bagian bawah vespa sebagai roda.
    agar lebih menarik ktia bisa mengecat vespa miniatur atau kita tambahi stiker yang ktia potong kecil kecil. dengan tambahan cat dan stiker akan memberi nilai seni pada vespa miniatur yang anda buat.

    Bila langkah-langkah saya sulit dimengerti saya sertakan video utnuk refensi agar mempermudah pembuatan miniatur vespa anda, silahkan simak video dibawah ini.

    kaleng bekas banyak sekali ditemukan dan jangan ragu untuk emmbuat kreasi dari barang-barang bekas yang anda temukan, terimakasih sudah mampir ke blog saya dan selamat mencoba.