Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan?

Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan?

Kali ini kita akan membahas suatu topik yang memancing daya imajinasi kita aktif. Pernahkan sobat membayangkan apa yang terjadi jika bumi tanpa bulan? Akankah malam menjadi gelap gulita tidak berseri lagi seperti apa yang tertulis dalam puisi-puisi lama? Kemudian bayang wajah sang kekasih tak terlihat lagi di langit malam, bla.. bla.. bla... sobat kuatbelajar yang bijak, kali ini kita bukan sedang membahas versi puisinya. Tapi kita akan membahas probabilitas yang terjadi dan berimajinasi seandainya bulan tidak ada.


1. Malam Akan Menjadi Lebih Gelap
Tanpa bulan maka seluruh permukaan bumi disaat malam hari akan menjadi lebih gelap. Kemungkinan objek lain yang bisa nampak lebih terang adalah Planet Venus namun tetap saja tak cukup untuk menyinari bumi kita. Jika biasanya pada saat bulan purnama, sinar bulan bisa mencapai 2000 kali lipat lebih terang dari planet venus dan cukup memberikan keindahan malam namun saat tanpa bulan maka malam akan menjadi lebih gelap.

2. Waktu Menjadi Lebih Singkat
Biasanya dalam sehari ada 24 Jam tapi tanpa bulan bisa jadi hanya 6 atau delapan jam, dengan demikian ada ribuan hari dalam setahun. Karena ketiadaan bulan mengakibatkan rotasi bumi melambat. Bulan yang menjadi penyeimbang gravitasi bumi, mengakibatkan hari-hari menjadi lebih singkat di bumi.

3. Air Laut Akan Surut
Air laut diperkirakan akan surut hingga sepertiga dari ukuran biasa. Hal ini tentu mengakibatkan kekacauan ekosistem di laut serta penghasilan nelayan tentulah menurun dan kita tentu mengalami kekurangan sumber protein dari lautan.


4. Tidak Ada Gerhana
Ya wong bulan gak ada, gimana caranya mau ada gerhana matahari atau gerhana bulan.



5. Musim Yang Ekstrim

Ini yang paling mengerikan, perubahan cuaca bisa terjadi dengan sangat ekstrim. Biasanya dengan adanya bulan sudut kemiringan bumi adalah 23,5 derajat. Kemiringan bumi inilah yang mengakibatkan kawasan utara dan selatan bumi mengalami 4 musim dan kawasan katulistiwa mengalami 2 musim. Bayangkan jika bumi tidak berada dalam posisi miring, maka tidak ada musim dan cuaca sama sekali tak dapat diprediksi, merusak masa tanam para petani, tidak ada gandum tidak ada padi, kita mau makan apa bro?