Menerbitkan Novel Karya Sendiri Secara Mandiri


Menerbitkan Novel Karya Sendiri Secara Mandiri

Bekerja sesuai dengan bidang yang kita cinta rasanya adalah cita-cita setiap orang. Buktinya mulai sejak kecil kita sudah berangan-angan akan menjadi apa kita suatu masa nanti. Umumnya masa kecil kita akan menyebutkan profesi yang lazim kita dengar sehari-hari seperti menjadi dokter, pilot ataupun guru. Jarang sekali anak kecil yang dari kecilnya sudah bercita-cita untuk menjadi penulis novel terkenal, atau menjadi blogger misalnya (wah... kalau begini bisa saingan entar dimasa depan hehe).

Namun pada akhirnya tak sedikit dari kita ketika sudah dewasa malah menyimpang dari apa yang pernah kita cita-citakan sewaktu bersekolah dulu. Tak sedikit dari kita yang bercita-cita ingin menjadi artis atau ingin menjadi penulis terkenal. Namun sayangnya untuk terjun kedalam dua bidang seni ini secara profesional kita harus memiliki karya yang sesuai dengan selera pasar atau lebih baik lagi karya yang spektakuler. Karena baik itu dunia entertainmentataupun dunia karya tulis telah dijadikan sebagai bisnis untuk meraup pundi-pundi uang. Hal ini tentu berdampak baik bagi para pelaku di industri tersebut, dimana seseorang bisa berkarya dan menghasilkan uang serta mendapat popularitas diwaktu yang sama. Dengan demikian baik itu perusahaan ataupun seniman itu menjadi seperti simbiosis mutualisme.

Tetapi pada kenyataannya untuk menembus dapur rekaman ataupun mencetak buku secara major bukanlah hal yang mudah. Ada ribuan bahkan jutaan saingan yang juga ingin berkecimpung didalam bisnis yang menyenangkan ini. Sehingga tak jarang banyak bakat-bakat hebat yang tersisihkan dari pengamatan major. Hal ini membuat beberapa seniman di industri musik dan penulis novel berkeputusan untuk memproduksi karyanya secara mandiri. Nah, masalahnya adalah jika menerbiitkan suatu karya novel secara mandiri maka novel tersebut tidak akan terdistribusi secara maksimal, lain ceritanya kalau diterbitkan oleh publisher .  namun demikian tidak sedikit para indie (istilah bagi pelaku bisnis alternative secara mandiri) yang justru malah meraup keuntungan dan popularitas ketika sudah mengeluarkan karyanya secara mandiri.


Bagaimana caranya menerbitkan novel secara mandiri?
Inilah pertanyaan yang muncul dibenak para penulis novel pemula yang merasa sulit untuk bersaing di penerbit major ataupun yang pernah merasa ditolak oleh penerbit major. Jangan risau dan jangan resah, karenea kini kita sudah dipermudah dengan hadirnya situs penerbit self publishing terbaik di Indonesia yang sangat terkenal yaitu nulisbuku.com . 

Berikut ini langkah-langkah untuk menerbitkan novel secara mandiri melalui nulisbuku.com :

     1.       Siapkan dulu novelmu
     2.       Edit atau baca ulang semua novelmu
     3.       Upload karyamu di nulisbuku.com dalam bentuk pdf
     4.       Pesan minimal satu eksemplar novel karyamu sendiri
     5.       Novelmu sudah siap disebarluaskan via online

Nah, begitu saja mudahkan? Untuk lebih detailnya bisa langsung mendaftar di nulisbuku.com dan ikuti setiap tata cara penerbitan indie tersebut. 

Sebagai penulis pemula sebenarnya prioritas pertama kita adalah ingin melihat karya kita dicetak berupa buku dan nulisbuku.com akan menjadikan mimpi kita itu menjadi kenyataan. Dengan dicetaknya buku novel kita seolah menjadi pembuktian bahwa kita sudah resmi menjadi seorang penulis profesional walaupun untuk urusan royalti itu merupakan hal yang bersifat relatif. Karena tentunya akan lebih baik lagi jika novel yang kita terbitkan itu menjadi novel yang laris manis dipasaran. Maka kita tidak hanya mendapat kesenangan karena novel diterbitkan, ditambah pula dapat royalti plus pula menjadi seorang yang populer.

Oh iya, alasan saya sendiri untuk menerbitkan karya secara mandiri adalah karena biasanya rentang waktu suatu karya novel akan direspon oleh penerbit major biasanya rata-rata memakan waktu enam bulan setelah novel dikirim ke penerbit. Kalau diterima ya bahagianya gak ketulungan tetapi kalau ternyata ditolak tentunya terasa sia-sia harus menunggu selama itu dengan hasil yang mengecewakan. Makanya bagi anda yang juga tidak mau menyia-nyiakan waktu dan bisa berkarya dalam waktu relatif singkat maka lebih baik untuk menerbitkan karya secara mandiri.

Baiklah bagi teman-teman yang sudah memiliki novel yang komplit namun masih belum keterima oleh major publisher saya sarankan agar segera untuk mendaftar di nulisbuku.com dan segera terbitkan novel pertamamu karena itu akan memberikan energi pendorong alias motivasi agar kamu tetap terus menulis lebih baik lagi. Asalkan kita terus-terusan menulis dan mengakui kesalahan serta memperbaiki kesalahan menulis kita maka secepatnya kita akan menjadi orang yang populer dengan karya-karya kita. Selamat mencoba.