10 Contoh Mainan dari Kardus Bekas Yang Mudah Dibuat

10 Contoh Mainan Dari Kardus Bekas Yang Mudah Dibuat- Mainan dari kardus merupakan kerajinan tangan yang cukup unik, banyak anak-anak yang lebih memilih mainan yang modern seperti mainan robot-robotan atau mobil dengan tenaga baterai. tentu sebagai orang tua akan kesulitan bila harga mainan terlalu mahal, maka dari itu kita bisa mengajari anak-anak bagaimana cara membuat mainan dari kardus. mungkin kesan pertama anak-anak tidak akan tertarik, namun bila anda mengajari cara membuatnya dan tahu jerih payah yang menghasilkan sesuatu, maka anak-anak akan bahagia dengan mainan ciptaan senidiri. dengan menggunakan kardus sebagai bahan pembuatan mainan, kardus bekas mudah didapat dan kardus merupakan bahan yang mudah dibentuk atau mudah dibuat menjadi aneka ragam kerajinan tangan dan termasuk mainan anak-anak. dengan menggunakan kardus bekas kita bisa membuat mainan yang disukai anak-anak. bila anak-anak suka robot, kita bisa membuat robot dari kardus, bila anak-anak suka mobil-mobilan, kita bisa membuat mobil-mobilan dari kardus bekas.

Dengan memanfaakan kardus bekas, kita bisa membuat mainan atau kerajinan tangan yang anda minati, dan ada banyak sekali kemungkinan untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan orisinil. saya akan memberi 10 contoh mainan dari kardus bekas yang mudah dibuat, setelah itu anda bisa menyimpulkan cara pembuatannya dahulu, karena mudah dibuat setidaknya anda tahu konsepnya terdahulu dan anda tinggal mencoba-coba atau anda ingin menginovasinya sendiri sehingga lebih bagus daripada yang sudah dicontohkan, inovasi adalah faktor penting untuk menciptakan kerajinan tangan yang bagus. anda pertama akan mengamati kerajinan tersebut dan  anda akan menilai kekurangan kerajinan tersebut lalu anda berusaha menutupi kekurangan tersebut dan anda berhasil membuat kerajinan tangan yang inovatif. mainan dari kardus memiliki keunikan tersendiri, karena sedikit orang ingin mencoba membuat mainan dari kardus, maka dari itu mainan dari kadus bekas adalah kerajinan tangan yang sangat unik.

Masih ada banyak sekali bahan-bahan yang mudah didapat dan bisa menjadi kerajinan tangan bagus. tidak hanya kardus bekas, kita bisa membuat mainan atau kerajinan tangan dari botol bekas juga. meski kardus bekas adalah bahan yang benar-benar ideal dan bisa dibuat menjadi apa saja yang anda inginkan. kardus bisa anda potong lalu rekatkan dengan bagian-bagian lainya, anda bisa membuat kosntruksi apapun dengan potongan kardus. tentu itu semua tergantung dari ke kreatifitasan anda dan keahlian anda dalam membuat kerajinan tangan. bila anda jarang membuat kerajinan tangan, anda tidak perlu kuatir karena kerajinan tangan adalah yang mudah, anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera dan anda bisa membuatnya. yang membedakan kerajinan bagus dan jelek adalah kerapian pembuatanya. tentu bagi anda yang masih belajar membuat kerajinan tangan dan hasilnya belum rapi, anda bisa mencobanya berkali-kali dan saya yakin hasilnya akan lebih bagus dari pada sebelumnya. hasil tidak akan membohongi kerja keras anda.
10 Contoh Mainan dari Kardus Bekas Yang Mudah Dibuat

Contoh gambar kerajinan  dari kardus bekas diatas adalah kerajinan dengan kerapian dan kedetilan yang sangat tinggi, kerajinan dari kardus bekas diatas dibuat oleh professional, seorang seniman yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan mempelajari pada bidangnya. tentu untuk membuat kerajinan dari kardus bekas seperti diatas tidak akan jadi hanya dalam sehari, butuh waktu sebulan untuk menyelesaikan semua bagian mobil, pengerjaan benar-benar rapi dan detil. saking rapinya, nampak sekilas terbuat dari kayu, namun kerajinan dari atas terbuat dari seratus persen kardus. anda pun bisa mengangkat kerajinan dari kardus diatas hanya dengan satu tangan. untuk menciptakan kerajinan dari kardus seperti diatas, tidak menggunakan kardus bekas, melainkan kardus yang baru dari pabrik. jadi kondisi kardus masih bagus dan tidak lembek seperti kardus yang sudah lama dipakai. bila anda semangat belajar membuat kerajinan tangan dari kardus, kelak anda juga bisa membuat kerajinan seperti contoh gambar diatas.
Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Truk Dari Kardus
Membuat mainan dari kardus akan sangat mengasyikan bila dibuat bersama-sama. selain menyenangkan, mengerjakan bersama teman akan membuat kita semakin kreatif karena saling berbagi ilmu dan berinteraksi. contoh mainan dari kardus bekas yang mudah dibuat adalah mainan yang memiliki bentuk tertentu dan membuat anak-anak senang dengan bentuk mainan tersebut. kardus bekas mudah didapat, karena fungsi sebagai wadah untuk pengiriman dan ukuran yang bermacam-macam. anda pasti sering kali melihat kardus bekas yang biasa di emperan toko-toko. kardus seperti itu bisa kita manfaatkan untuk membuat mainan dari kardus bekas dan anda bisa membuat beragam kerajinan yang unik dan berseni seperti contoh gambar diatas. mainan dari kardus bekas juga bisa anda beri tambahan  seperti car warna agar lebih menarik dari pada hanya berwarna coklat kardus biasa, dan kadang juga ada kardus yang sudah memilik gambar merk, sehingga tidak cocok untuk kerajinan atau mainan dari kardus bekas anda.

10 Contoh Mainan dari Kardus Bekas Yang Mudah Dibuat

Sebelum kita mulai membahas 10 contoh mainan dari kardus bekas yang mudah dibuat kita akan membahas mainan kardus yang cocok untuk dibuat dan bisa dimainkan. menurut saya mainan dari kardus bekas yang cocok untuk anak-anak adalah rumah-rumahan atau mobil-mobilan. untuk membuat miniatur rumah dari kardus bekas sangatlah mudah, rumah miniatur dari kardus bekas mudah dibuat karena, bentuk kardus yang sudah persegi panjang cocok menjadi bangunan miniatur rumah, tinggal bagaimana anda bisa membuat sedemikian uniknya atau anda buat menjadi miniatur rumah yang paling detil dan rapi. tentu semakin rapi dan detil miniatur rumah dari kardus akan menjadi kerajinan tangan atau mainan dari kardus yang memuaskan. saya yakin anak-anak suka bermain dengan minaitur rumah dari kardus atau mobil-mobilan dari kardus bekas.

1.Kompor Mainan

Anak-anak perempuan pasti menyukai permainan ibu rumah tangga atau bermain masak-masakan. dengan membuat kompor mainan dari kardus bekas. bisa anda lihat contoh gambar mainan dari kardus diatas. terbuat dari akrdus yang disusun dengan rapi dan penambahan tutup botol plastik. bila anda perhatikan baik-baik mainan dari kardus diatas sudah lumayan rapi dan detil. bahkan menggunakan baskom asli untuk wastafelnya. namun menurut saya itu sudah sangat kreatif sekali. anda bisa meniru mainan dari kardus seperti contoh gambar diatas dan mencoba membuatnya bersama keluarga anda. membuat kerajinan dari kardus bersama keluarga akan memperat hubungan anda dan membuat keluarga semakin harmonis. tentu keuntungan lainya adalah membuat anak-anak semakin kreatif dalam membuat kerajinan tangan dari kardus bekas. selain itu anda juga bisa membuat dapur dari kardus untuk melengkapi kompor mainan dari kardus anda.

2. Mesin Cuci Mainan

Mesin cuci mainand dari kardus merupakan kerajina tangan yang unik juga. meski tidak sedetil seperti kompor mainan dari kardus, mesi cuci mainan dari kardus diatas digambar dan dibuat semirip mungkin dengan mesin cuci asli. mainan dari kardus diatas menurut saya maian yang paling simple dan paling mudah dibuat. anda bisa meniru contoh diatas dan menginovasi mainan dari kardus diatas agar lebih menarik. seperti menambahkan warna-warna yang biasanya ada pada mesin cuci, warna putih atau warna hitam. namun kebanyakan mesin cuci berwarna putih. seperti yang saya utarakan sebelumnya, yang membuat kerajinan tangan semakin bagus adalah kerapian pembuatannya dan kedetilannya. dengan kedetilan pada setiap tombol-tombol mesin cuci akan membuat mainan dari kardus bekas anda semaki bagus. model mesin cuci juga tidak hany seperti contoh gambar diatas. jadi anda bisa membuat mainan dari kardus dengan model yang berbeda.

3. TV Mainan

Mainan dari kardus ini merupakan mainan yang unik dan simple. meski tidak sesimple mesin cuci mainan namun tv mainan ini unik. dengan memberi ruang pada bagian tengan kardus agar anak-anak bisa masuk disitu dan terlihat seperti sedang menjadi pembawa acara televisi. ide membuat tv mainan dari kardus ini unik sekali. namun seperti yang anda lihat, mainan dari kardus diatas masih kurang pewarnaan. anda bisa mencontoh mainan dari kardus diatas dan menginovasinya, memberi warna yang cocok dan memberi beberapa kedetilan agar mainan tv dari kardus semakin bagus. seperti yang anda bayangkan, televisi memiliki banyak model, tentu anda bisa membuat mainan televisi dari kardus dengan model yang berbeda dan bisa juga anda membuat dengan ukuran yang besar. tergantung anda bisa mencari kardus yang cukup besar untuk membuat tv mainan dari kardus. semakin besar semakin bagus.

4. Miniatur Rumah

Bermain rumah-rumahan tanpan menggunakan miniatur rumah dari kardus bekas tentu kurang menyenangkan. anda bisa membuat miniatur rumah dari kardus bekas. bisa anda lihat contoh gambar mainan dari kardus diatas, ukurannya cukup besar untuk anak-anak bisa masuk kedalamnya. anda bisa membuat miniatur rumah lebih besar dengan kardus bekas yang berukuran besar juga, kardus yang berukuran bekas biasanya kardus untuk mengangkut barang yang cukup besar seperti kardus kulkas atau kardus bekas mesin cuci. kardus-kardus tersebut cukup besar dan cukup tebal. sehingga cocok untuk dibuat menjadi miniatur rumah dari kardus yang bagus. tentu membuat miniatur rumah dari kardus yang berukuran besar tidaklah mudah, meski konsepnya mudah namun pengerjaannya akan membutuhkan waktu yang lama. maka dari itu sebaiknya anda kerjakan bersama-sama dengan teman atau keluarga.

5. Robot Mainan

Robot mainan dari kardus ini unik, namun untuk pembuatanya lebih sulit dari pada maina-mainan dari kardus yang saya jelaskan sebelumnya. seperti yang anda lihat contoh gambar mainan dari kardus diatas sangat rapi dan memerlukan konstruksi agar bisa dibongkar pasang. namun anda bisa mencobanya sedikit demi sedikit dan memahami konsepnya agar anda bisa membuatnya sendiri dirumah dan memberi inovasi-inovasi yang menarik agar mainan dari kardus buatan anda lebih bagus dari pada mainan dari kardus diatas. anda bisa memberi warna yang cocok untuk mainan dari kardus yang anda buat. untuk mainan robot dari kardus lebih cocok dengan warna merah atau abu-abu metalik. dengan penambahan warna yang cocok akan membuat mainan dari kardus buatan anda akan semakin bagus dan memiliki nilai seni. dengan memiliki nilai seni, akan patut untuk anda pajang di rak-rak buku atau anda coba pamerkan ke teman-teman anda  dan anda bisa mengajari teman-teman anda cara membuat mainan dari kardus seperti contoh gambar diatas.
6. Kereta Api Mainan

Kereta api dari kardus ini cukup unik dan anda bisa menirunya, namun untuk mendapatkan kardus yang berbentuk tabung seperti contoh diatas sulit untuk didapatkan. mungkin anda bisa mengakalinya dan menggunakan bahan subtitusi yang lain. anda tidak perlu terpaku untuk membuat mainan dari kardus yang harus seratus persen dari kardus. anda bisa menggunakan barang bekas lainnya untuk anda tambahkan pada mainan dari kardus anda. dengan begitu mainan anda akan semakin unik dan bagus karena terbuat dari bermacam-macam barang bekas. memberi warna adalah hal yang penting dalam membuat mainan dari kardus. mainand dari kardus yang sudah anda hiasi dengan pernak pernik atau cat warna akan leboh menarik dari pada terlihat polos begitu saja. bila anda ingin mainan anda terlihat detil, anda bisa menggambarnya secara detil dan mirip dengan kereta asli. mainan dari kardus bekas anda akan terlihat lebih baik.

7. Mobil-Mobilan

Mobil-mobilan dari kardus bekas akan disukai banyak anak-anak, seperti contoh mainan dari kardus diatas. namun menurut saya, untuk membuat mobil-mobilan seperti contoh diatas anda harus membuatnya dengan kardus yang bertumpuk dan tebal, dengan kardus tebal dan kuat akan memperkuat mainan dari kardus tersebut tidak mudah rusak. membuat mainan dari kardus diatas unik karena membuat mobil superhero dengan warna dan lambang batman. mainan dari kardus seperti gambar diatas bisa anda contoh dan anda bisa membuat dengan inspirasi superhero yang lain. mungkin anda bisa membuat mobil mainan dari kardus dengan warna merah biru dan berlambang superman, masih ada banyak superhero yang cocok mejadi inspirasi pada mainan dari kardus anda. seperti yang anda bayangkan konsep pembuatanya lumayan rumit namun tidaklah sulit, saya yakin anda bisa membuat kerajinan seperti diatas dan bila anda sudah menguasainya, anda bisa membuatnya menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

8. Kapal Mainan

Mainan dari kardus diatas berukuran kecil dan mudah dibuat, meski agak rumit dengan pengukuran yang pas agar mainan dari kardus diatas bisa anda ciptakan. namun saya yakin bahwa anda bisa membuatnya tanpa kesulitan. apalagi anda sudah sering membuat kerajinan-kerajinan tangan dari kardus dan anda sudah terbiasa bermain dengan lem dan gunting. membuat mainan dari kardus menyenangkan bila anda bisa membuatnya sendiri. namun lebih menyenangkan bila membuat bersama teman-teman atau kerabat dekat. contoh mainan dari kardus bekas diatas meski berukuran kecil namun pembuatanya rapi dan rumit. sehingga hasil jadinya memuaskan. pemberian warna pada mainan dari kardus sangat rapi dan tidak terlihat belepotan, lalu menambahkan layar yang terbuat dari kertas yang bermotif membuat mainand dari kardus diatas lebih menarik. bila anda bisa membuat mainan dari kardus seperti contoh gambar diatas, sudah cukup menakjubkan.

9. Kamera Mainan

Mainan dari kardus diatas terbuat dari kardus bekas dan tamabahan barang-barang bekas lainnya. seperti gelas minuman dan barang-barang bekas lainnya. anda bisa membuatnya miri dengan contoh gambar diatas, bila anda tidak bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, anda bisa menggantinya dengan bahan-bahan yang lain, dengan begitu anda tidak perlu membuatnya sama persis dengan diatas. setidaknya anda sudah memahami konsep dan bentuk mainan dari kardus diatas. kamera dari kardus bisa anda buat bersama-sama dengan teman anda dan bermain menjadi fotografer professional. mendukung minat anak-anak sejak kecil akan memberi anak-anak tumbuh bersama kemampuan dan hobinya secara pesat. dengan begitu anak-anak akan mendapatkan ilmu dan berkembang dengan pesat. meningkatkan kreatifitas anak-anak sejak dini akan memberinya bekal ilmu saat mulai dewasa nanti.

10. Pesawat Mainan
Pesawat mainan dari kardus merupakan mainan yang cocok untuk dibuat dan menjadi mainan yang menarik. setiap anak memiliki minat dan ketertarikan tersendiri. ada yang menyukai mobil-mobilan, ada yang ingin menjadi pilot, dan ada juga yang memiliki minat untuk menjadi dokter. untuk menemukan minat anak-anak, kita bisa memberikan mainan yang disukai, dengan pesawat mainan dari kardus, maka cocok untuk anak-anak yang berminat menjadi pilot atau ingin menjadi engineer pesawat dan memiliki cita-cita untuk menciptakan pesawat sendiri. pesawat mainan dari kardus ini dibuat dengan simple, bisa anda lihat pesawat dari kardus ini terbuat dari kardus yang berbentuk tabung dan ditambahkan piotongan kardus lainya sebagai sayap dan baling-baling pesawat. menurut saya untuk bagian baling-baling pesawat terlalu besar, seharusnya memiliki baling dengan ukuran yang kecil, anda bisa mencontohnya dan memperbaiki baling-balingnya agar lebih cocok dan lebih bagus dari pada contoh gambar mainan dari kardus diatas.

Itu tadi adalah 10 contoh mainan dari kardus yang mudah dibaut, saya akan menambahkan video agar ilmu anda semakin bertambah. semoga dengan video ini menambah refensi anda dan anda menemukan apa yang anda cari. mainan dari kardus memang masih banyak dan bisa anda tiru dan buat sendiri. dengan ke kreatifitasan yang tinggi anda bisa membuat segala bentu mainan dari kardus dan membuatnya menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai seni yang tinggi. silahkan simak video dibawah ini.


10 contoh mainan dari kardus yang mudah dibuat sudah saya jelaskan, anda bisa mencoba satu persatu mainand dari kardus yang sudah saya jelaskan tadi, bila anda kesulitan membuatnya, anda bisa meminta bantuan keteman-teman anda atau kerabat anda untuk membuatnya bersama-sama. memang mainan dari kardus bekas buatan sendiri lebih memuaskan, namun lebih menyenangkan bila bisa dibuat bersama teman. terimakasih sudah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya, bila anda berkenan silahkan share artikel saya dan bagikan ke teman teman anda. sekian dari saya dan selamat mencoba.