10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat- Banyaknya polusi di sekitar kita dikarenakan oleh manusia dengan sampah-sampah yang setiap harinya terus menumpuk. Selain menimbulkan bencana, sampah yang menumpuk juga mempengaruhi mahluk hidup disekitarnya. banyak orang-orang berpikir dengan membakar sampah akan mempermudah dari pada menggunakan jasa pembuangan sampah, asap yang ditimbulkan oleh sampah non organik sangat beracun dan berbahaya oleh tubuh. Kita bisa berkontribusi mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulang sampah-sampah tersebut. limbah botol plastik sangat banyak karena banyak produk yang menggunakan kemasan botol plastik, kemasan  botol plastik lebih murah dan efisien bagi  perusahaan penjual miniuman kemasan, maka dari itu kita bisa mengolah sampah botol plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Kerajinan tangan dari botol bekas bisa dimanfaatkan atau tetap menjadi kerajinan yang bernilai seni. tentu kerajinan dari botol bekas yang bernilai seni cocok sebagai pajangan atau hiasan. ada banyak cara kita memanfaatkan botol bekas menjadi kerajinan tangan yang unik. diartikel ini saya akan membahas 10 kerajinan dari botol bekas yang mudah dibuat dan pastinya unik. anda bisa mencontoh beberapa kerajinan yang akan saya sebutkan satu persatu. dari kerajinan tangan yang memiliki nilai fungsi atau bersifat seni saja. kemampuan anda dalam menghias sebuah botol bekas dibutuhkan. dengan mengubah sampah yang tidak bernilai menjadi kerajinan yang cantik dan bermanfaat. tentu anda bisa menjual kerajinan dari botol bekas anda bila anda bisa membuat kerajinan yang menjanjikan dan terlihat menjual. semakin anda bisa membuat kerajinan yang rumit maka semakin memuaskan hasil akhirnya. kerja keras tidak membohongi hasilnya.

Botol bekas bisa berupa botol plastik untuk minuman dingin yang sering dijual ditoko-toko, atau botol kaca yang biasa anda lihat untuk saus sambal mie ayam atau bakso. untuk botol kaca akan lebih sulit didapatkan dari pada botol plastik. karenan botol kaca masih bisa dipergunakan lagi untuk produksi selanjutnya. berbeda dengan botol plastik yang biaya pembuatannya murah dan tidak bisa dipergunakan lagi setelah dipakai. untuk bisa dibuat menjadi kerajinan tangan, botol plastik lebih mudah digunakan dari pada botol kaca. sifat plastik yang bisa kita bentuk sedemikian rupa akan mempermudah dalam pembuatan kerajinan dari botol bekas. sedangkan untuk botol kaca tidak bisa kita potong begitu saja atau kita mencoba memecahnya, dan cara yang lebih efektif adalah mengias botol kaca menjadi kerajinan yang layak pakai. masih ada bagian botol bekas yang bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang unik. yaitu tutup botol bekas.
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Mendaur ulang botol plastik bekas dan menjadikanya kerajinan tangan yang unik dan mudah dibuat. Ada banyak kerajinan tangan dari botol bekas dan bisa anda contoh pembuatannya. dengan membentuk botol mirip dengan hewan-hewan atau merubah fungsi botol juga salah satu cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas. membuat kerajinan dari botol bekas yang unik membutuhkan kemampuan cukup agar hasil rapi dan memuaskan, pembuatan dengan ketelitian yang maksimal akan menghasilkan kerajinan yang memuaskan. contoh kerajinan diatas terlihat berseni sekali dengan melukis dan menghias botol yang sudah dipotong menjadi dua dan dilukis dengan simetris. tentu kerajinan diatas membutuhkan pengalaman dan ilmu yang terlatih. anda bisa membuat kerajinan seperti contoh gambar diatas bila anda yakin dengan kemampuan melukis atau menggambar anda, dan anda bisa membuat desain yang berbeda dengan kerajinan dari botol bekas diatas.

10 kerajinan dari botol bekas yang mudah dibuat bisa anda tiru, namun sekedar meniru akan kurang memuaskan. anda bisa menginovasi kerajinan-kerajinan yang saya akan sebut nanti dan mencoba merubah menjadi kerajinan yang lebih baik atau bahkan merubahnya menjadi unik. saya harap kerajinan-kerajinan dibawah ini akan memberi anda ide atau inspirasi dan bisa membuat kerajinan yang lebih unik dan kreatif. anda bisa membagikan ide anda pada keluarga anda atau kepada teman-teman anda. membuat kerajinan bersama-sama akan lebih menyenangkan dan mengasyikan. selain itu membuat kerajinan tangan membantu melatih ke kreatifitasan anda. melatih ke kreatifitasan juga mencari bakat anda. mungkin saja anda berbakat dan memiliki kemampuan menjadi seorang seniman. banyak sekali seniman yang menuangkan idenya selain diatas kanvas, namun dalam bentuk media lain yang bisa kita sebut sebuah kerajinan tangan.

10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Dibawah ini adalah 10 kerajinan dari botol bekas yang mudah dibuat. selain mudah dibuat kerajinan tersebut juga termasuk unik. dan kerajinan yang mudah dibuat, memiliki potensi yang bisa kita inovasi dan kita kreasi lagi menjadi kerajinan yang lebih unik. dengan meningkatkan tingkat kesulitan suatu kerajinan tangan maka kita telah berhasil menginovasi kerajinan tangan tersebut dan menjadikannya sebuah kerajinan yang berseni atau kerajinan yang unik dan memiliki nilai fungsi.

1. Pot Kucing dari Botol Bekas
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Dengan memotong botol bekas dan melukisnya hingga menyerupai wajah kucing, Kerajinan dari botol bekas ini berubah menjadi pot untuk tanaman kecil anda, dan keunikan kerajinan dari botol bekas ini menghias bagian rumah anda seperti didekat jendela kamar anda atau anda taruh ditempat yang terkena sinar matahari agar tanaman anda bisa tumbuh dengan baik. atau anda bis menggunakan tanaman plastik yang tidak perlu anda rawat dan tetap cocok didalam pot dari botol bekas anda. kerajinan diatas bisa anda inovasi sendiri dan anda bisa membuat hewan lain seperti waha singa mungkin atau wajah anjing yang mnejulurkan lidah, atau wajah koala yang lucu dengan telinga yang bundar. pemilihan warna botol juga perlu diperhatikan dalam pembuatan pot dari botol bekas ini. anda bisa memilih warna botol bening dan mengecatnya kembali atau anda ingin dipermudah dengan memilih botol plastik yang sudah berwarna terdahulu.

2. Kap Lampu Botol dan Sendok Plastik
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Kerajinan dari botol bekas ini sederhan dan anda bisa mencobanya dirumah. berbahan sendok plastik dan botol 1,5 liter anda bisa membuat kerajinan dari botol plastik ini. penyusunan kepala sendok yang sudah dipotong dari gagangnya dan direkatkan dengan lem sacara satu persatu anda bisa membuat lampu indah ini. kerjainan diatas termasuk unik dan mudah. meski mudah anda perlu kesabaran dan ketelitian. kerajinan diatas membutuhkan sendok plastik yang lumayan banyak dan anda harus memotongnya satu persatu dan menempelkannya. meski terdengan mudah namun anda bisa tidak sabar dan asal memasang sendok plastik hingga membuat hasil akhir kerajinan tangan anda tidak memuaskan atau malah rusak. kerajinan diatas membutuhkan sambungan lampu atau anda bisa memberinya lampu dengan tenaga baterai. namun jarang ada lampu yang cukup terang hanya dengan tenaga baterai. kap lampu diatas cocok untuk lampu dengan tegangan sedang dan tidak terlalu besar lalu anda manfaatkan sebagai lampu tidur untuk menghiasi kamar anda. kerajinan diatas memiliki nilai fungsi, sedangkan nilai seninya tidak terlalu tinggi namun sudah cukup bagus dengan kepala sendok yang sudah disusun rapi.

3. Tempat Sikat Gigi
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Dikamar mandi anda hany ada tempat untuk sikat gigi yang bentuknya itu-itu saja dan anda merasa jenuh melihatnya. Anda bisa mencoba kerajnan dari botol plastik bekas satu ini, dengan memanfaatkan kepala botol dan kaki botol anda bisa meniru kerajinan dari botol bekas ini. Selain bentuknya unik dan bermanfaat untuk menaruh sikat gigi anda. dengan tempat sikat gigi yang unik seperti contoh diatas, anda bisa meniru pembuatanya dan sangat simple sekali. seperti yang saya utarakan sebelumnya, kerajinan tangan yang mudah dibuat adalah kerajinan yang berpotensi untuk di inovasi dan dikreasikan ulang menjadi kerajinan yang lebih baik. kerajinan diatas hanya memanfaatkan kepala-kepala botol sebagai tempat menyimpan sikat gigi, akan lebih baik lagi kalau ada lubang lagi untuk menaruh pasta gigi. tentu dengan pasta gigi dan sikat gigi disatu tempat, anda tidak perlu repot mencari-cari lagi saat anda ingin menggosok gigi. dan untuk nilai seni kerajinan tangan diatas masih kurang. anda bisa menggabung beberapa botol plastik yang berbeda warna menjadi kerajinan dari botol bekas seperti contoh diatas.

4. Celengan Kura-kura
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Bentuk celengan paling simple adalah tabung, tapi bagaiamna bila kita bisa memanfaatkan botol bekas dan diolah menjadi kerajinan dari botol bekas satu ini? berbentuk kura-kura dan berwarna-warni. anak-anak suka dengan bentuk unik dan juga bisa dimanfaatkan sebagai celengan. dengan menggunakan kerajinan diatas, anak-anak akan lebih sering menabung dan mendidik anak pentingnya menabung uang. kerajinan diatas terbuat dari kaki botol platik yang dipotong dan menggunakan lembaran busa. bisa anda lihat pada contoh gambar diatas, pertama-tama potong botol menjadi dua bagian dan ambil bagian kakinya saja, lalu taruh kaki botol diatas lembaran busa dan mulai gambar diatas lembaran busa. setelah itu anda tinggal potong lembaran busa yang sudah anda gambar tadi sehingga membentuk penyu atau kura-kura. dan langkah terakhir anda gunakan karet gelang atau tali benang untuk mengikat kaki botol yang sudah menjadi tempurung kura-kura tersebut. kerjainan diatas mudah dibuat dan cocok sekali untuk prakarya anak-anak sekolah dasar.

5. Burung hantu dari tutup botol
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Selain botol bekas yang kita manfaatkan tutup botol juga bisa dibuat menjadi kearjinan tangan unik satu ini. anda bisa mencotoh kerajinan dari botol bekas ini dan tidak menutup kemungkinan menggunakan tutup botol plastik juga. kerjinan diatas menggunaan tutup botol minuman bir atau soda.  namun untuk minuman soda dengan botol kaca sudah jarang ditemukan, karena botol plastik lebih murah biaya produksinya, namun anda bisa memanfaatkan tutup botol plastik juga, tentunya anda harus memilih tutup botol plastik yang memiliki pola atau merk yang tertera agar kerajinan anda terlihat unik. anda bisa menginovasi kerajinan diatas dan mencoba membuat kerajinan dengan bentuk lain, atau anda bisa membuat kerajinan dari tutup botol bekas dengan skala ukuran yang lebih besar. dengan skala yang lebih besar tentu akan membutuhkan tutup botol yang lebih banyak juga. inovasi-inovasi anda akan merubah kerajinan anda menjadi kerajinan yang lebih unik dan bagus.
Baca Juga: 10 Kerajinan dari Kardus Yang Mudah Dibuat 
6. Pinguin dari botol plastik
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Pinguin dari botol plastik ni tergolong lucu dan unik sekali. siapa sangka bisa diubah menjadi kerajinan dari botol bekas seunik ini. Dengan menggabungkan dua kaki botol yang direkatkan dan dicat warna anda bisa meniru kerajinan dari botol bekas ini. kerajinan diatas tergolong mudah dibuat, namun tentu anda juga harus mahir melukis atau menggambar. contoh  kerajinan dari botol bekas diatas tidak memiliki nilai fungsi namun anda bisa meningkatkan nilai seninya. anda bisa mencoba membuat kerajinan dari botol bekas yang mirip dengan contoh diatas namun dengan bentuk yang lain, dan menambahkan anggota tubung yang diperlukan. anda bisa melukisnya dengan hewan lain selain pinguin, anda bisa melukisnya dengan burung dodo atau anda bisa melukisnya menjadi pinguin jenis lain. masih banyak inovasi yang bisa anda lakukan pada contoh kerajinan dari botol bekas diatas. semua tergantung dengan kekreatifitasan anda, coba anda bayangkan dan lihat dari sisi lain suatu objek agar bisa menjadi kreasi yang unik dan belum pernah ada orang pernah mencoba.

7.  Kepiting dari Tutup Botol Bekas
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Merangkai tutup botol bekas bir dan dibentuk diatas papan dan jadilah kepiting dari tutup botol bekas. kerajinan tangan unik ini sangat cocok ditempatkan di bar atau cafe yang bertemakan laut. Selain bentuk kepiting bisa juga disusun menjadi bentuk lain seperti bentuk ikan, kura-kura atau hewan lain. kerajinan diatas mirip dengan kerajina burung hantu dari tutup botol bekas dan untuk contoh kerajinan dari botol bekas diatas kurang rapi seperti kerajinan burung hantu dari tutup botol. namun bentuknya yang unik sudah cukup mempresentasikan hewan bercapit itu. anda bisa mencoba ide diatas dan akan cocok untuk menghias dapur anda atau anda ingin membuatnya diatas meja yang ditutup kaca. kerajinan diatas bisa anda inovasi lagi menjadi bentuk lain atau anda bisa menaruhnya di media lain selain diatas papan kayu. anda bisa membuat kerajinan diatas dan memulainya dengan cara mengumpulkan tutup botol bekas minuman yang anda temudi disekitar anda, tentu anda bisa memanfaat tutup botol plastik juga dan membuatnya menjadi kerajinan yang berbentuk berbeda dari contoh kerajinan dari tutup botol bekas diatas.

8. Dekorasi Dinding
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Dekorasi dinding satu ini terbuat dari botol bekas bening dan sangat cocok untuk dekorasi. Mungkin kita pernah melihat untuk menaruh bunga dimeja tetapi contoh diatas membuktikan botol bekas bisa dimanfaatkan menjadi hiasan dinding yang cantik. contoh kerajinan dari botol bekas diatas adalah salah satu kerajian yang memanfaatkan botol kaca yang sulit untuk dibentuk menjadi kerajinan lain. anda bisa meniru kerajinan diatas dan memanfaatkan kerajinan dari botol kaca yang memiliki warna lain selain warna bening, tentu sebagai hiasan dinding kerajinan diatas sangat menonjol, anda bisa menaruh kerajinan dari botol bekas seperti diatas untuk menghias dinding rumag anda atau untuk menghias cafe anda. kerajinan dari botol bekas diatas sanga simple dan mudah, mak dari itu masih ada banyak ruang untuk inovasi. anda bisa menggunakan media lain selain papan dari kayu, anda bisa menggunakan lembaran busa yang berwarna warni sebagai pengganti media kerajinan dari botol bekas diatas. anda juga bisa menggunakan bunga palsu agar tidak cepat rusak.

9.  Pemain Sumo
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Bermodalkan Cat dan botol bekas anda bisa membuat kerajinan dari botol bekas seunik ini. bentuk lucu dan mirip dengan pemain sumo. Memotong botol bekas menjadi dua dan direkatkan menjadi satu lalu beri cat dan gambar menjadi karakter yang anda inginkan. kerajinan yang mudah dibuat dan anda bisa membuatnya dengan hitungan menit, tentu bila anda ingin melukisnya dengan penuh perhitungan dan membuatnya dengan lukisan yang lebih cantik lagi dan anda bisa membuat seperti contoh pot dari botol plastik tadi, anda bisa membuat karakter lain selain pemain sumo, pemain bola mungkin atau atlet cabang olahraga yang lain. bentuk kerajinan diatas unik dan lucu, namun tidak memiliki nilai fungsi sama sekali dan sekedar untuk menjadi penghias. bila anda memiliki ide untuk membuat kerajinan diatas agar memiliki nilai fungsi, boleh anda coba. saya yakin ide anda bisa anda wujudkan bila anda memiliki ke kreatifitasan tinggi. untuk masalah kemampuan anda bisa belajar kapan pun dan untuk meningkatkan kreatifitasan anda perlu mencoba hal yang baru lagi dan lagi.

10. Dekorasi dari botol bekas
10 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Dibuat

Dekorasi ini terlihat rumit namun sebeenarnya tidak serumit yang anda kira. anda bisa menirunya dengan mudah karena anda hanya perlu melilitkan tali pada botol bekas dan di diberi lem. Anda juga bisa menambahkan dekorasi lainnya. dengan kreatifitas anda, anda bisa merangkai kata dengan tali yang berwarna warni atau  gambar yang lucu. kerajinan diatas cocok untuk kado pada hari kasih sayang untuk pasangan anda. kerajinan diatas cocok  menjadi hiasan di dinding atau untuk anda taruh dirak. kerajinan memerlukan botol kaca agar anda bisa melilitkan tali dengan kencang dan tidak mudah rusak ketika dililitkan. berbeda dengan botol plastik yang akan rusak bila anda lilitkan dengan tali kencang-kencang. kerajinan diatas mudah dibuat namun anda butuh kesabaran dan ketilitian agar hasil rapi dan memuaskan seperti contoh kerajinan dari botol bekas diatas, anda bisa menggunakan tali dengan warna yang berbeda agar lebih menarik dan anda bisa mencoba-coba dengan botol kaca yang berbentuk beda dengan contoh kerajinan dari botol bekas diatas. kerajinan diatas menggunakan bentuk botol yang standard, bagaimana bila anda bisa mengguakan bentuk yang berbeda-beda dan menyusunnya lagi hingga terlihat unik dan bagus. kerajinan diatas tidak memiliki nilai fungsi namun bisa anda pakai untuk menghiasi rumah anda.

Saya akan menambahkan video untuk kerajinan dari botol bekas agar menambah refenrensi anda. mungkin didalam video yang saya taruh dibawah ini ada kerajinan dari botol bekas yang menarik untuk anda. saya berharap dalam video ini menambah wawasan anda dan memberi anda inspirasi dalam membuat kerajinan dari botol bekas. tentunya anda bisa meniru dan menginovasi kerajinan-kerajinan tersebut hingga berubah menjadi kerajinan yang bernilai seni maupun bernilai fungsi.


Masih banyak lagi kerajinan dari botol bekas yang bisa anda temukan diblog saya, dan banyak juga yang terbuat dari barang-barang bekas seperti koran, kardus bekas, atau kerajinan  dari limbah. 10 kerajinan dari botol bekas telah saya jelaskan, dan saya tambahkan video diatas agar menambah wawasan anda dalam cara membuat kerajinan dari botol bekas yang mudah dibuat. terimakasih sudah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya. sekian dari saya dan selamat mencoba.