Pengertian Kebijakan Moneter dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Suatu Negara

Pengertian Kebijakan Moneter dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Suatu Negara

Kebijakan moneter ialah keputusan suatu pemerintahan dalam suatu negara untuk mencampuri secara langsung perekonomian suatu negara. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan ekonomi yang berdampak pada melemahnya ekonomi masyarakat sehingga pemerintah biasanya akan secara langsung ikut serta berupaya untuk membuat kebijakan untuk menyelamatkan perekonomian.

Di Indonesia kebijakan moneter dideskripsikan dengan peran langsung dari pemerintah melalui Bank Indonesia untuk mengontrol atau mengarahkan perekonomian nasinal ke iklim yang lebih baik.

Menurut UU No 23 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 3 tahun 2004 tentang Bank Indonesia, Kebijakan Moneter adalah kebijakan yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.  Antara lain dilakukan melalui pengendalian jumlah uang beredar dan tingkat suku bunga.

Ada dua jenis kebijakan moneter yaitu easy money policy atau disebut juga kebijakan uang longgar yang berarti menambah jumlah uang yang beredar. Sedangkan jenis lainnya ialah tight money policy atau disebut juga dengan istilah kebijakan moneter kontraktif/ kebijakan uang ketat ialah dengan cara mengurangi uang yang beredar di masyarakat.


Instrumen kebijakan moneter terdiri dari tiga kebijakan diantaranya yaitu operasi pasar terbuka, kebijakan tingkat suku bunga dan rasio cadangan wajib.

Operasi pasar terbuka adalah kebijakan pemerintah melalui Bank Sentral untk mengendalikan jumlah uang yang beredar dengan cara menjual atau membeli surat-surat berharga milik pemerintah SBI (sertifikat bank Indonesia) dan SBPU (surat berharga pasar uang).

Kebijakan Tingat suku bunga ialah kebijakan pemerintah melalui Bank Sentral untuk menetapakan tingkat suku bunga bagi bank yang meminjam dana ke Bank Sentral. Jika pemerintah ingin menambah jumlah uang beredar maka pemerintah dapat menurunkan tingkat suku bunga pinjaman, jika pemerintah ingin mengurangi jumlah uang beredar maka pemerintah melalui Bank Sentral akan menaikkan tingkat suku bunga pinjaman.


Rasio Cadangan Wajib adalah kebijakan Bank Sentral untuk menambah atau mengurangi uang yang berder dengan cara menaikkan dan menurunkan cadangan minimum yang harus dipenuhi bank.