Sejarah Singkat Tim Sepakbola Real Madrid



 Sejarah Singkat Tim Sepakbola Real Madrid

Real Madrid De Futbol atau lebih tenar dengan sebutan Real Madrid adalah salah satu tim raksasa di Spanyol. Real Madrid merupakan musuh bebuyutan tim Barcelona. Dimana kedua-dua tim ini saling bersaing untuk menjadi yang terbaik di liga Sepakbola Spanyol dan bahkan dikancan Piala Antar Club terbaik Eropa (Liga Champion).

Sejarah Real Madrid telah dimulai pada tahun 1897 ketika para pemuda Kota Madrid memperkenalkan sepakbola modern dengan mendirikan klub sepakbola Football Club Sky. Pada tahun 1900 FCS terpecah menjadi dua menjadi Club Espanyol De Madrid dan New Foot-Ball The Madrid. Hingga akhirnya Club Espanyol De Madrid menjelma menjadi Madrid Football Club setelah mengalami konflik internal.

Madrid Football Club yang berdiri pada tahun 1902 ini menunjukkan prestasi gemilang tiga tahun setelah berdirinya yaitu pada tahun 1905 dimana mereka berhasil menjadi juara Piala Spanyol setelah menundukkan Athletic Bilbao. Yang sekaligus menjadi gelar pertama bagi mereka.

Pada tahun 1920 Madrid Football Club resmi berganti nama menjadi Real Madrid. Dimana arti Real  (royal) dalam bahasa Spanyol berarti “bangsawan” atau “darah biru”. Atas izin dari Raja Spanyol yaitu Alfonso XIII.

Pada tahun 1931 dan tahun 1932 Real Madrid berhasil menorehkan sejarah dalam persepakbolaan Spanyol dimana mereka berhasil menjadi juara dua kali berturut-turut pada liga Spanyol. Hal ini mengobati luka ketika kalah bersaing pada tahun 1929 saat menjadi runner-up Liga Spanyol dibawah Barcelona. Sejak saat itu Real Madrid dan Barcelona menjadi musuh bebuyutan baik itu dilapangan maupun dari segi politik antar kota Madrid dan Barcelona.

Pada tahun 1931 juga Real Madrid sempat kehilangan gelar “Real” mereka dikarenakan konflik perang bersaudara yang mengakibatkan isu anti Kerajaan. Walau terpaksa kembali harus bernama Madrid Football Club namun Madrid tetap saja berhasil menjadi juara pada tahun tersebut.

 LOGO REAL MADRID



Tahun 1930 hingga 1950 merupakan tahun dimana terjadi kekacauan politik di Eropa akibat perang Dunia kedua. Sehingga sepakbola seakan sempat diketepikan. Baru kemudian pada tahun 1945 saat Santiago Bernabeu menjadi Presiden Real Madrid, terjadi perubahan besar yang seakan bangkit kembali bagi Real Madrid, dimana stadion serta pengembangan sepakbola anak usia dini mulai dikelola dengan baik. Bahkan pada tahun 1953, Santiago Bernabeu berinisiatif untuk menggunakan pemain dari luar negeri untuk memperkuat skuad Real Madrid agar bisa lebih solid dalam persaingan Liga Spanyol.

Santiago Bernabeu berhasil menyulap Real Madrid yang sempat mati suri menjadi tim yang paling disegani di Spanyol bahkan Eropa. Pada tahun 1956 hingga 1960 Real Madrid secara berturut-turut menjadi juara Piala Eropa. Hingga kini Santiago Bernabeu masih disebut-sebut sebagai sosok paling berjasa bagi Real Madrid.
Rekor prestasi Real Madrid tercatat yaitu :

32 kali juara La Liga
19 kali juara Copa Del Rey
9 kali juara Supercopa
1 kali juara Eva Duarte
1 kali juara Copa De La Liga
11 kali juara Piala Champions
3 kali juara UEFA Supercup
2 kali juara Piala UEFA
2 kali juara Latin Cup
3 kali juara Piala Intercontinental
2 kali juara Piala Dunia Antar Klub
2 kali juara Copa Del Mundo

Dengan torehan prestasi seperti tertulis diatas, Real Madrid mencatat dirinya sebagai tim dengan rekor terbaik di Spanyol. Sebagai contoh penting torehan pemuncak La Liga Real Madrid masih diatas FC Barcelona yang baru merebut 24 kali trofi juara La Liga. Sementara rekan sekotanya yaitu Atletico Madrid baru pernah merebut 10 kali gelar juara La Liga.