Fobia Aneh Takut Wanita Cantik : Caligynephobia



Fobia Aneh Takut Wanita Cantik : Caligynephobia

Sudah kodratnya kalau laki-lagi paling senang kalau sedang melihat wanita cantik. Pada umumnya setiap laki-lagi mendambakan memiliki  wanita cantik baik itu sebagai pacarnya atau istrinya. Namun bagaimana apabila yang terjadi justru sebaliknya? Nah sahabat kuatbelajar.top kali ini kita akan membahas tentang sebuah Fobia yang sangat-sangat aneh yaitu Caligynephobia.

Caligynephobia adalah fobia takut pada wanita cantik. Lelaki yang mengalami Fobia ini  biasanya akan berusaha menghindar saat melihat wanita cantik baik itu melalui media ataupun secara langsung. Bagi para penderita fobia yang biasa terkadang sulit untuk mendeteksinya, sedangkan bagi para penderita Caligynephobia akut bisa terlihat karena jika mereka terpaksa harus berada didekat wanita cantik mereka bahkan bisa pingsan.

Istilah Caligynephobia berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Cali =cantik, Gine = wanita, dan phobia = takut. Pada zaman dulu Caligynephobia sempat dianggap sebagai kelainan fungsi seksual yang mengarah kepada penyimpangan ketertarikan yang seharusnya kepada lawan jenis menjadi kepada sejenis. Namun penelitian lebih lanjut, Caligynephobia dan homoseksual adalah kasus yang berbeda karena banyak para pengidap Caligynephobia sebenarnya memang tidak memiliki keinginan seksual sejenis, namun mereka hanya phobia terhadap wanita cantik, sedangkan pada wanita biasa mereka akan bersikap normal.

Penelitian terbaru telah membawa Caligynephobiasebagai suatu phobia yang bisa disembuhkan dengan terapi. Yang terpenting penderita Caligynephobia harus punya keingian kuat untuk sembuh.Penyebab phobia ini umumnya disebabkan oleh trauma masa kecil seperti melihat aksi jahat dari seorang perempuan cantik, dan hal ini terus direkam oleh alam bawah sadar yang mempresentasikan wajah wanita cantik menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Dalam beberapa kasus ada juga disebabkan oleh trauma, seperti pernah patah hati terhadap wanita cantik, sehingga menganggap wanita cantik menjadi sosok yang dibencinya.
Apakah anda juga pernah merasa sensasi Caligynephobia? Sebagian kaum lelaki normal juga pernah merasakan sensasi tidak nyaman saat berada disisi wanita yang menurutnya sangat cantik, namun hal ini adalah suatu kewajaran karena seorang laki-laki normal akan merasa gugup atau grogi saat berada disisi wanita cantik. Tetapi kalau sampai sesak nafas dan pingsan wah itu bahaya, berarti anda juga memiliki sindrom Caligynephobia. Dan harus segera disembuhkan.

Umumnya seorang yang merasa bahagia saat berada disisi orang yang dicintainya tentu anggota tubuhnya akan merespon dengan membesarnya pupil pada mata dan jantung yang berdetak kencang, namun apabila berada disisi wanita cantik yang tidak dikenalnya maka rasa kagum dan penasaran terhadap wanita cantik disisinya itu akan merespon laki-laki menjadi seperti orang begok (gugup total). Begitulah normalnya, ada juga lelaki yang awalnya pasif menjadi hiperaktif saat berada disisi wanita cantik karena merasa bersemangat. Namun jika seorang lelaki terlihat seperti orang ketakutan dan tidak nyaman saat berada disisi wanita cantik dan cenderung untuk menghindar maka ada kemungkinan orang tersebut juga memiliki sindrom ini.

Apakah ada dilingkungan sahabat kuatbelajar yang mengalami Caligynephobia? Kalau iya, cobalah memberikan dia pengertian dan informasi tentang phobia yang dialaminya. Jangan sampai aktivitas temanmu menjadi kacau hanya gara-gara Caligynephobia. Padahal pada zaman globalisasi seperti ini sangat sulit untuk tidak berinteraksi dengan wanita cantik, kini wanita cantik bisa ditemukan dimana saja, baik itu didunia nyata, internet ataupun TV.

Oiya kalau sahabat kuatbelajar, bersikap ramah, menebar senyuman dan candaan terhadap wanita cantik, dilanjutkan dengan minta nomer HP dan ngajak ketemuan, tenaaang  itu bukan Caligynephobia tapi itu namanya “demen” hehe.