5 Agama Kuno Yang Kini Menghilang

5 Agama Kuno Yang Kini Menghilang

Di dunia sekarang ini terdapat beberapa agama yang memiliki pengaruh besar dalam peradaban dunia seperti diantaranya Islam, Kristen, Yahudi, Hindu dan Budha. Kelima agama mayor di dunia ini bukan saja banyak pengikut ajarannya tetapi juga memainkan peranan penting bagi dunia. Kelima agama mayor ini memiliki banyak aliran pula yang terkadang membawa konflik intern antar agama yang sama.

Namun taukah teman jauh sebelum kelima Agama ini menjadi pemain utama pada gelanggang dunia ini, ada banyak agama yang dianut oleh sebagian besar penghuni bumi pada masa lampau. Itulah yang kali ini akan kita bahas yaitu mengenai 5 agama kuno yang kini menghilang.

5. Tengriism
Tengriism menjadi salah satu agama kuno yang disebut sebagai agama paling tua didunia. Agama ini berawal sejak zaman perunggu atau kurun waktu 3600 SM hingga 12000 SM. Kesatria dari daratan Kaukakus Utara yaitu Atilla The Hun diperkirakan juga menganut agama Tengriism.

Tengriism memiliki penganut yang menyebar mulai dari Gunung Altai di kawasan Asia Tengah. Para penganut Agama Tengriism menyembah Tuhan yang mereka sebut “Tengri”. Hari besar mereka pada tanggal 23 Desember dimana mereka merayakannya dengan memperindah rumah dengan mendekorasinya dengan pohon Yule.

Tengriism mulai hancur pada saat tentara Mongol menginvasi hampir seluruh pelosok Asia Tengah. Namun kini diperkirakan masih ada sebagian kecil masyarakat di Kyrgiztan yang masih menganut agama ini dan berusaha untuk mendapat pengakuan dari pemerintah setempat sebagai agama yang sah.

4. Ashurism

Bangsa Assyria yang sempat berkuasa pada masa lampau di daratan Asia-Eropa menganut agama Ashurism. Agama tua ini ikut hancur seiring memudarnya kekuasaan Assyria pada abad ke 5 SM.


Agama Ashurism memuja banyak dewa atau politisme. Dewa besar Ashurism adalah Marduk dan Ashur. Agama ini disebut juga memiliki hubungan dengan agama kuno Babylonia karena memuja Dewa Marduk sebagai dewa tertinggi.

Meskipun agama ini sudah tidak terlihat lagi dipraktekkan secara masal, namun mungkin saja masih ada beberapa penganut agama Ashurism secara rahasia.

3. Olmec

Olmec adalah agama yang banyak dianut penduduk benua Amerika jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa. Meskipun agama Olmec memiliki banyak kesamaan seperti agama yang dianut penduduk Maya dan Aztec tetapi Agama Olmec sendiri dianggap sudah mulai hancur sejak abad ke 4 SM.

Olmec memuja banyak dewa dan diperkirakan dewa tertinggi dari agama ini berwujud seperti manusia jaguar. Penelitian lebih lanjut tentang keberadaan hingga mengilangnya agama ini dari bumi Amerika masih menjadi bahan penelitian para sejarawan hingga kehari ini.

2. Mithras

Mithras adalah agama yang diadopsi dari Persia dan menyebar ke daratan Eropa. Bukti keberadaan agama ini didapat dari bangunan bangunan kuno yang terdapat dari kawasan Persia hingga ke Romawi.

Uniknya meskipun Persia dan Romawi bersaing secara politik tetapi saat Agama Mithras sedang pada masa jayanya, kedua negara ini sama-sama memuja dewa matahari yang sama.

Yang membedakan Mithras versi Romawi dan Persia adalah sesi kurban Kerbau, yang banyak terdapat di Romawi tetapi jarang dilakukan di persia. Hari besar agama Mithras adalah tanggal 25 Desember yang kemudian dikaitkan dengan hari besar umat Kristiani pada tanggal yang sama. Namun demikian masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai persamaan hari besar antara Mithras dan Kristen ini.

2. Atenisme

Atenisme adalah agama tua yang terdapat di Mesir kuno. Agama ini dipopulerkan oleh Fir’aun Akhenaten dan dianut oleh mayoritas penduduk Mesir Kuno. Namun agama ini hancur ketika Akhenaten mulai meninggalkan agama Atenisme paska meninggalnya Ratu Nefertiti yang merupakan istri Akhenaten.

Konon anak dari Akhenaten yaitu Tutankhamun mengganti namanya menjadi Tutankhamen setelah dipaksa oleh para pemuka agama Atenisme.

1. Helenisme

Helenisme adalah pengistilahan untuk merangkum kepercayaan yang berkembang pada masyarakat Romawi Kuno yang menyembah banyak dewa. Agama ini hancur saat Agama Kristen secara resmi menjadi agama bagi Kerajaan Romawi pada abad ke 4 M.

Dewa-dewa besar Helenisme diantara seperti Jupiter, Athena, Zeus dan Hermes. Agama Helenisme disebut memiliki pengaruh besar dari agama-agama yang berasal dari daratan Asia pada masa lampau. Perbedaannya kemudian mengarah kepada pemujaan kepada para pahlawan Romawi yang tentunya tidak terdapat bagi masyarakat dari Kerajaan lain.

Sobat kuat belajar yang bijaksana itulah 5 agama kuno yang kini menghilang dari percaturan dunia. Meskipun pada masa lampau kelima agama ini memiliki pengaruh serta kekuasaan yang sangat besar namun kini semuanya hanya tinggal kenangan yang terpahat pada manuskrip tua serta bangunan kuno.


Saya mengharapkan sobat semua mampu berfikir secara bijak dari informasi yang saya bahas diatas. Semoga bermanfaat.