Pengertian Adab Dan Peradaban


Pengertian Adab Dan Peradaban

Peradaban adalah sebuah kata yang selalu kita dengar berkaitan dengan pembangunan. Peradaban selalu dikaitkan dengan hasil karya dari suatu masyarakat yang telah mencapai derajat pemahaman akan ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Dalam bahasa Inggris peradaban selalu disebut dengan istilah civilization. Kata civilization sendiri berasal dari padanan kata civis yang berarti orang yang tinggal disebuah kota sedangkan arti kata civitaz yang berarti komunitas dimana orang-orang tinggal. 

Dalam bahasa Indonesia peradaban sendiri terdiri dari kata “adab” yang ditambah imbuhan “pe” dan “an” dimana arti kata “adab” sendiri dalam kamus bahasa Indonesia adalah akhlak, kesopanan dan budi pekerti. Dalam hal ini kita bisa menggunakan istilah pengetahuan suatu masyarakat akan hal yang bersifat norma dan moral.

Dalam kurun waktu yang berbeda selalu muncul sebuah peradaban yang berbeda. Dan pada setiap tempat selalu memiliki kekhasan peradaban yang berbeda antara satu sama lainnya. Tetapi tidak jarang terjadi bahwa peradaban yang ada disuatu tempat dipengaruhi oleh peradaban yang ada ditempat lain ataupun peradaban suatu negara pada suatu masa terkadang diadopsi dari peradaban yang ada sebelumnya. Selalu berlaku dalam perjalanan sejarah umat manusia adalah, jika sebuah peradaban menghilang dari muka bumi, maka akan timbul sebuah peradaban baru yang berbeda dari peradaban sebelumnya (meskipun ditempat yang sama).


Peradaban itu sendiri merupakan hasil dari pencapaian ilmu pengetahuan suatu komunitas besar masyarakat. Dimana hasil karya setiap masyarakatnya dapat digunakan dan dihargai oleh masyarakatnya sendiri dan masyarakat didaerah lain dalam kurun waktu yang relatif.

Peradaban Menurut Para Ahli

Menurut Koentharaningrat (1981:10) :
“... istilah peradaban dapat kita sejajarkan dengan kata asing ‘civilization’. Istilah itu bisanya dipakai untuk bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan halus dan indah, seperti kesenian, ilmu pengetahuan, sopan santun dan sistem pergaulan yang kompleks, sering juga istilah peradaban dipakai untuk menyebut suatu kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi, seni bangunan, seni rupa, sistem kenegaraan dan ilmu pengetahuan yang maju dan kompleks”.

Pada penggunaan istilah peradaban sekarang. Peradaban identik dengan peninggalan bangunan lama hasil dari peradaban tua, misalnya piramida selalu kita sebut dengan istilah “sisa peradaban Mesir Kuno” atau batu Stongehege yang kita sebut sebagai “sisa peradaban Inggris Kuno”. Namun jika kita melihat lebih luas dari pandangan Huntington yang menyatakan :

“peradaban adalah hasil dari pencapaian sosial tertinggi manusia dan merupakan kebudayaan tertinggi sebagai identitas orang yang secara jelas memberikan perbedaan antara manusia dengan spesies lain didunia”.

Jika menggunakan istilah Huntington maka kita bisa berkesimpulan bahwa untuk mencapai suatu titik peradaban maka perlu proses pengembangan adat dan budaya yang berlangsung dalam tempo yang relatif, sehingga ini membuat antara satu komunitas masyarat dengan masyarakat lainnya berbeda-beda antara satu sama lainnya. Peradaban merupakan hasil dari perjalanan panjang oleh manusia terhadap hal-hal yang bersifat “ilmu pengetahuan”. Hal inilah yang memberikan perbedaan manusia dan makhuk hidup lain didunia, karena didunia hanya manusia lah yang mampu mendirikan peradaban yang terdiri dari adab yang terlihat (bangunan fisik) dan tidak terlihat (hukum adat).